Diprotes, SBY Tetap Bertolak ke New York Terima World Statesman Award

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertolak menuju Stockholm, Swedia, dan New York, Amerika Serikat dalam rangka kunjungan kerja, Senin 27 Mei 2013.
Kisah Inspiratif, Jatuh Bangun Kesuksesan Konten Kreator Mompreneur Sherly Ocktavia

Kunjungan kerja ke dua negara ini akan dilakukan SBY bersama dengan delegasi hingga 31 Mei 2013. 
Respons Gibran soal Prabowo Mau Libatkan Megawati saat Menyusun Kabinet

Didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta beberapa menteri terkait, hingga 29 Mei 2013, SBY dijadwalkan akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Raja Swedia, melakukan pertemuan bilateral dengan PM Swedia, Fredrik Reinfeldt dan Ketua Parlemen Swedia, Per Westerberg. 
Sarwendah Klarifikasi, Bukan Gugatan Cerai ke Ruben Onsu?

SBY dan pemerintah Swedia akan menandatangani sejumlah Nota Kesepahaman, antara lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, dan kesehatan.

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, kunjungan kenegaraan ke Swedia, merupakan kunjungan balasan atas kunjungan Raja dan Perdana Menteri Swedia yang mencerminkan kedekatan hubungan bilateral antara kedua negara.

Selain pertemuan dengan pejabat tinggi Swedia, SBY juga dijadwalkan akan menerima sejumlah CEO perusahaan terkemuka Swedia, antara lain CEO Business Sweden, CEO IKEA, dan pemimpin perusahaan Investor AB.

"Melalui pertemuan tersebut diharapkan para pelaku bisnis utama Swedia akan semakin diyakinkan atas potensi investasi di Indonesia," kata Faizasyah.
 
Dari Swedia, SBY beserta delegasi akan bertolak menuju New York, Amerika Serikat. Kunjungan ke New York adalah dalam rangka menghadiri pertemuan ke-5 Panel Tingkat Tinggi PBB Mengenai Agenda Pembangunan Pasca 2015 (UN High-Level Panel of Eminent Persons on the Post-2015 Development Agenda) di Markas Besar PBB di New York. 

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan terakhir  Panel Tingkat Tinggi setelah 4 pertemuan sebelumnya, masing-masing di New York, AS (September 2012), London, Inggris (November 2012), Monrovia, Liberia (Februari 2013), dan Bali, Indonesia (Maret 2013).
 
Pertemuan ke-5 Panel Tingkat Tinggi akan dipimpin oleh Presiden SBY dan akan membahas Laporan Akhir Panel serta pengesahan Laporan tersebut. Selanjutnya, SBY atas nama Ketua Bersama dan Anggota Panel akan menyerahkan Laporan tersebut kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon. SBY juga akan menghadiri sidang Majelis Umum PBB untuk menyampaikan briefing terkait Laporan tersebut kepada Presiden Majelis Umum PBB dan para anggota PBB.

"Pertemuan terakhir Panel di New York yang akan dipimpin oleh Presiden SBY menjadi kulminasi dari proses panjang penyusunan Laporan Panel terkait visi agenda pembangunan pasca 2015. Penyampaian Laporan tersebut ke Sekjen PBB menandai berakhirnya tugas dan mandat Panel Tingkat Tinggi yang ditunjuk Sekjen PBB. Sebagaimana halnya MDGs, agenda pembangunan pasca 2015 yang digariskan dalam Laporan Panel tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan negara-negara bangsa dalam menetapkan prioritas pembangunannya untuk jangka waktu 15-20 tahun kedepan setelah tahun 2015," jelas dia.
 
Bertepatan dengan keberadaan Presiden RI di New York, organisasi nirlaba Appeal of Conscience Foundation (AoCF) akan memberikan penghargaan World Statesman Award. Penghargaan ini diberikan atas berbagai capaian dalam memajukan masyarakat yang demokratis, ikut menciptakan tatanan internasional yang lebih damai, dan dalam mendorong kemajuan yang lebih besar atas penghormatan HAM, kebebasan beragama dan hubungan antar-peradaban.
 
Penghargaan yang diberikan kepada SBY ini sempat menuai protes dari sejumlah kalangan di Indonesia, khususnya dari para pemuka agama. SBY dinilai tidak pantas menerima anugerah ini, sebab sejumlah peristiwa intoleransi beragama masih terus terjadi di Indonesia.

Namun, masukan dan pertentangan ini rupanya tidak menjadi halangan SBY untuk tetap menerima penghargaan sebagai negarawan. .
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya