NASIONAL

Pilkada Jateng, KPU Lakukan Hitung Cepat

Hitung sementara akan diambil dari 70 persen suara yang masuk.
Sabtu, 25 Mei 2013
Oleh : Eko PriliawitoPuspita Dewi (Semarang)
Penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah
VIVAnews - Satu hari menjelang pemilihan gubernur Jateng, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mempersiapkan teknologi informasi untuk mengetahui penghitungan sementara jumlah perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada hari pemungutan suara pada Minggu, 26 Mei 2013.

Ketua KPU Jateng, M Fajar Saka, mengatakan, penghitungan sementara ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jumlah perolehan suara.

"Kami siapkan hitung sementara di kantor KPU agar masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang suara para calon," ujar Fajar di Semarang, Sabtu 25 Mei 2013.

Menurut Fajar, hitung sementara akan diambil dari 70 persen suara yang masuk, sehingga bisa menjadi gambaran perolehan suara.

"Saya kira 70 persen suara sudah bisa memberikan gambaran hasil. Nanti tergantung dengan perolehan suara masing-masing pasangan. Kalau selisihnya tipis seperti pilkada di Bali, ya mungkin belum bisa jadi gambaran," kata Fajar.

Meski begitu, Fajar mengatakan, hasil hitung sementara itu tidak akan menjadi acuan bagi KPU untuk menetapkan hasil penghitungan suara. Ia menegaskan, KPU tetap akan berpegang pada hasil rekapitulasi penghitungan suara secara manual.

"Itu bukan acuan bagi kami untuk menetapkan hasil Pilgub 2013. Kami tetap gunakan mekanisme rekapitulasi surat suara," ujarnya.

Fajar menambahkan, nantinya para petugas KPPS akan mengirimkan hasil penghitungan suara melalui SMS ke server yang sudah disiapkan oleh KPU Jateng. "Iya, melalui SMS akan dikirim hasil oleh petugas," ujarnya.

Semua surat suara juga sudah didistribusikan ke seluruh daerah di Jateng. Dalam pemilihan gubernur Jateng ini, tiga pasangan, yakni Hadi Prabowo-Don Murdono, Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo, serta Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko  siap bertarung untuk menjadi gubernur Jateng. (art)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found