Polda Jabar Selidiki Hilangnya Alat Pemantau Gunung Tangkuban Parahu

Seismograf, alat pendeteksi gempa. (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra
VIVAnews
Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan
– Kepolisian Daerah Jawa Barat menurunkan tim untuk menyelidiki hilangnya sejumlah alat penting di stasiun Kawah Ratu, Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Peralatan yang dicuri itu adalah seismometer dan
Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya
battery accu senilai total Rp90 juta. Akibat hilangnya alat-alat pemantau gunung tersebut, aktivitas kegempaan Gunung Tangkuban Parahu tidak terpantau sejak Selasa, 21 Mei 2013.


Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul, mengatakan kasus pencurian alat pemantau gunug itu menjadi perhatian kepolisian.  “Polda Jabar akan mengerahkan tim khusus guna mengusut dan mengungkap pelaku pencurian alat pemantau Tangkuban Parahu itu,” kata Martinus di Mapolda Jabar, Sabtu 25 Mei 2013.


Polda Jabar merasa prihatin dengan peristiwa pencurian itu karena peralatan yang hilang amat vital bagi kepentingan umum. “Alat itu kan untuk mendeteksi aktivitas gunung,” ujar Martinus.


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sendiri sudah melaporkan aksi pencurian ini ke Polsek Cagak, Subang, Jabar. Tim Khusus Polda Jabar dan Unit Reskrim Polsek Cagak bekerja sama untuk menyelidiki dan menelusuri jejak pelaku.


Pelaku disinyalir mempreteli alat pemantau Gunung Tangkuban Parahu itu menjadi beberapa bagian, lalu menjualnya. “Selain memburu pelaku, kami juga menelusuri para penadah barang curian,” kata Martinus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya