NASIONAL

Tingkat Kelulusan Ujian Sumbar 99,7%

Mentawai menyumbang jumlah ketidaklulusan terbesar untuk Sumbar.

ddd
Jum'at, 24 Mei 2013, 14:47
Mentawai menyumbang jumlah ketidaklulusan terbesar untuk Sumbar.
Mentawai menyumbang jumlah ketidaklulusan terbesar untuk Sumbar. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
VIVAnews - Empat kota di Sumatera Barat mencatat kelulusan Ujian Nasional 100 persen tingkat Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Menurut data Dinas Pendidikan Sumbar, empat kota tersebut yakni, Padang Panjang, Bukittinggi, Sawahlunto, dan Kota Pariaman. Di Bukittinggi tercatat 3.759 siswa setingkat SLTA yang mengikuti UN, Padang Panjang 1.956 siswa, Sawahlunto 766 siswa, dan Pariaman 2.590 siswa.

“Tingkat kelulusan UN di Sumbar tahun ini mencapai 99,72 persen, dan angka ini masih bisa berubah karena ada sekolah yang belum menginput data,” kata Ketua UN Sumbar Bustavidia, Jumat, 24 Mei 2013.

Secara keseluruhan, jumlah peserta UN SLTA di Sumbar mencapai  68.045 siswa. Sebanyak 230 peserta UN dinyatakan tak lulus UN.

Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Mentawai menyumbang jumlah ketidaklulusan UN terbesar untuk Sumbar. Menurut data Disdik, jumlah peserta UN yang tak lulus di Pessel mencapai 60 orang siswa: 55 siswa SMA/MA dan 5 siswa SMK.

Sedangkan di Kabupaten Mentawai tercatat sebanyak 43 siswa SMA/MA tak lulus UN. Peringkat ketiga tingkat kelulusan terbesar di Sumbar yakni Kabupaten Solok. Sebanyak 28 siswa SMA/MA dan 1 siswa SMK tak lulus UN tahun ini.

Padang Terbaik
Rata-rata nilai UN tertinggi di Sumbar tahun ini dipegang Kota Padang dengan 7,37. Padang Panjang berada di tempat kedua dengan nilai rata-rata 7,30 dan Bukittinggi berada diperingkat selanjutnya dengan nilai rata-rata 7,28.

Meskipun mendapat nilai rata-rata tertinggi, di Padang terdapat 11 siswa yang tak lulus UN tahun ini: 8 siswa SMA/MA dan 3 siswa SMK. Sejauh ini, pengumuman hasil UN di Padang dilakukan secara online lewat web, blog, masing-masing sekolah.

Selain itu, pengumuman kelulusan UN di Padang juga dilakukan melalui pesan singkat (SMS). Sesuai rencana, siswa baru bisa melihat hasil UN pukul 16.00 WIB hari ini. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id