Prosesi Waisak, Borobudur Tetap Dibuka untuk Umum

Persiapan peringatan hari raya Tri Suci Waisak 2013
Sumber :
VIVAnews
Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024
- Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2013 dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, Sabtu, 25 Mei 2013 besok. Pada peringatan ini, Candi Borobudur akan tetap dibuka untuk umum. Bahkan pengelola Candi Borobudur memperkirakan lebih dari 25.000 orang akan datang.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Kepala Taman Wisata Candi Borobudur, Bambang Irianto, menjelaskan, operasional candi Borobudur akan dibuka seperti biasa. Pukul 06.00 hingga 17.15 WIB.
Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik


"Seperti tahun-tahun sebelumnya saat  perayaan Waisak, candi tetap terbuka untuk umum, " katanya kepada VIVANews, Jumat, 24 Mei 2013.


Pada perayaan Waisak kali ini akan dikunjungi banyak masyarakat umum karena bertepatan dengan liburan sekolah dan libur akhir pekan.


Selain ingin melihat prosesi upacara Waisak, tidak sedikit masyarakat yang ingin melihat puncak acara prosesi Waisak yang ditandai dengan pelepasan sekitar seribuan lampion.


"Pengunjung memang ingin melihat pelepasan lampion pada Sabtu malam yang menjadi puncak prosesi perayaan Waisak," ujarnya.


Sementara itu untuk detik-detik Waisak akan dipusatkan di Candi Mendut pada pukul 11.24.39 WIB. Setelah itu, siangnya sekitar pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Akan dilakukan prosesi kirab dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur dengan berjalan kaki.


"Setelah itu malamnya sekitar pukul 19.00 WIB di Candi Borobudur akan dilakukan upacara sembahyang. Dan diakhiri dengan pelepasan lampion," katanya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya