Tahun Ini Yogyakarta Ingin 58 Kampung Ramah Anak

Anak-Anak
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Sederet Kontroversi Pendeta Gilbert, Olok-olok Salat hingga Pakai Jam Harga Fortuner
- Kota Yogyakarta menegaskan ingin menjadi kota layak anak dengan membangun 32 kampung ramah anak pada tahun 2013 ini. Sebelumnya pada tahun 2012, Pemkot Yogyakarta telah membangun sebanyak 26 kampung ramah anak sehingga total kampung ramah anak yang akan terbangun pada tahun 2013 ini mencapai 58 kampung ramah anak.

Mengejutkan Isi Garasi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang Resmi Jadi Tersangka KPK

“Prediksi kota Yogyakarta sebagai kota layak anak sudah disandang sejak tahun 2012 lalu namun itu masuk kelompok pemula dan Pemkot Yogyakarta ingin masuk kelompok madya,” kata Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Yogyakarta, Lucy Irawati,  Rabu 22 Mei 2013.
Menlu Retno Ungkap 2 Arahan Jokowi soal Konflik Iran vs Israel


Menurutnya untuk membangun kampung layak anak, Pemkot Yogyakarta menyediakan stimulan sebesar Rp20 juta per kampung. Dengan dana itu, kampung-kampung diwajibkan untuk membangun fasilitas dan membuat program pembangunan yang berpihak pada tumbuh kembang anak.


“Program tersebut harus muncul dari usulan warga di kampung tersebut,” katanya.


Bentuk program yang bisa diajukan, katanya, cukup beragam, mulai dari program jam belajar anak hingga penyediaan sarana prasarana bermain yang sehat dan edukatif. Dengan tambahan 32 kampung layak anak katanya, nantinya diharapkan Yogyakarta akan segera masuk ke kategori madya.


“Dengan status Kota Layak Anak ini, Pemkot Yogyakarta juga bekerjasama dengan pemerintah Swedia untuk mempelajari dan menyusun program pembangunan bersama mewujudkan Kota Layak Anak tersebut,” katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya