Panglima TNI Selanjutnya dari Angkatan Darat?

Panglima TNI Agus Suhartono
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews -
Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus
Laksamana TNI Agus Suhartono akan pensiun pada 25 Agustus 2013. Menurut Agus, jabatan Panglima TNI dijabat secara bergantian oleh angkatan yang ada, yakni Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Ditemui wartawan, Selasa 21 Mei 2013, Agus mengatakan, calon pengganti dirinya adalah tiga orang yang kini menjabat kepala staf angkatan. Sementara UU TNI, kata dia, memberi arahan panglima dijabat secara bergiliran.
KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan


"Kalau sebelumnya, Angkatan Udara, sangat mungkin kembali ke Angkatan Darat," kata dia.


Meski begitu, dia tidak bisa memastikan angkatan mana yang akan menjadi Panglima TNI karena hal itu tergantung pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Dan itu nanti harus diajukan ke DPR karena Panglima TNI persetujuan DPR," jelasnya.


Tugas KSAD baru

Sebelumnya, Presiden SBY juga sudah menunjuk Letjen TNI Moeldoko untuk menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Pramono Edhie Wibowo. Menurut Panglima, KSAD tinggal melaksanakan arahan yang diberikan Presiden SBY.


"Yang belum terselesaikan, sifatnya yang multiyears. Seperti pengadaan alutsista yang harus terus diperjuangkan," jelas Agus.


Moeldoko merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1981. Mantan Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) I Kostrad dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya ini juga lulusan terbaik di angkatannya dengan predikat Adhi Makayasa. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya