NASIONAL

Misteri Kata Pustun & Jawa Syarkiah yang Diucap Luthfi Hasan

Ditanya kata pustun dan jawa syarkiah, Luthfi cuma tersenyum.
Selasa, 21 Mei 2013
Oleh : Aries Setiawan, Dedy Priatmojo
Ahmad Fathanah (kiri) dan Luthfi Hasan Ishaaq (kanan)

VIVAnews - Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq, kembali menjalani pemeriksaan dalam kasus suap dan pencucian uang pengurusan kuota impor daging di Kementerian Pertanian, Selasa 21 Mei 2013.

Luthfi diperiksa sebagai tersangka. Dia tiba di Gedung KPK sekitar pukul 10.10 WIB.

Seperti biasa, politikus PKS itu enggan memberi jawaban apapun yang ditanyakan para wartawan. Begitu juga saat dikonfirmasi terkait istilah arab 'pustun' dan 'jawa syarkiah' yang sempat terungkap di persidangan, Luthfi hanya tersenyum dan langsung masuk ke dalam gedung KPK.

Sebelumnya, pengacara Luthfi, M Assegaf mengaku tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan 'pustun' yang terdapat dalam rekaman pembicaraan antara Luthfi Hasan Ishaaq dengan Ahmad Fathanah. "Itu saya nggak tahu. Kata itu menjadi trending topic," kata Assegaf.

Menurut Assegaf, Luthfi tidak pernah menceritakan terkait kata-kata itu kepada pengacara. Assegaf masih perlu mendalami pernyataan Luthfi saat berbicara melalui sambungan telepon dengan Ahmad Fathanah.

Dalam persidangan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dengan terdakwa Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi diputar rekaman penyadapan antara Luthfi dengan Fathanah

Sadapan pembicaraan tertanggal 9 Januari 2013, Fathanah menyampaikan kepada Luthfi bahwa istri-istrinya sudah menunggu. Luthfi kemudian bertanya istri yang dimaksud Fathanah. Luthfi mengatakan apakah 'pustun' atau 'jawa syarkiah'.

Belum diketahui maksud Luthfi mengucapkan kata-kata tersebut. Namun sebutan ini diduga merujuk pada sosok perempuan. Jika ditelusuri dari beberapa sumber, pustun atau pasthun adalah sebutan untuk orang-orang Pakistan, Afghanistan atau Iran. Sementara istilah jawa syarkia berarti Jawa Timur, karena syarkiah dalam bahasa Arab adalah Timur.

Berikut transkrip lengkap percakapan telepon Luthfi dan Fathanah yang terungkap di persidangan :

Fathanah: Assalamu'alaikum
Luthfi: Wa'alaikumsalam

Fathanah: Istri-istri antum sudah menunggu semua
Luthfi: Waduh

Fathanah: Hahaha (Tertawa)
Luthfi: Yang mana aja?

Fathanah: Ada semuanya
Luthfi: Yang pustun-pustun apa jawa sarkia?

Fathanah: Pustun
Luthfi: Hehehe (Tertawa)

Fathanah: He he he.. kapan an?

Lihat juga video percakapannya di sini. (umi)

 

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found