VIDEO: Pengusutan Rp1,5 T Aiptu LS Dilanjutkan Polda Papua

Aiptu Labora Sitorus
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews - Aiptu Labora Sitorus, anggota polisi yang memiliki rekening gendut Rp1,5 triliun, akhirnya diterbangkan ke Polda Papua, Senin 20 Mei 2013. Aiptu LS ditangkap usai mengadu ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).
Puncak Arus Balik Lebaran di Tol Trans Sumatera Diprediksi Besok

Labora telah diperiksa di Bareskrim Mabes Polri sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana pencucian uang, ilegal logging, dan penimbunan BBM. Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan di Papua.
Pemain MU Dapat Bocoran Erik Ten Hag Tidak Akan Bertahan

"Selanjutnya LS menurut rencana akan ditempatkan di Rutan Polda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Karopenmas Mabes Polri.
ASN Boleh WFH 16-17 April untuk Tunda Arus Balik, Menko PMK: Kamis-Jumat Jangan Bolos!

Sementara itu, empat komisoner Kompolnas Senin siang menemui Kabareskrim Komisaris Jenderal Sutarman mempertanyakan penanganan kasus tersebut. "Kami menanyakan hal tersebut, ternyata sejak beberapa tahun yang lalu terhadap kasus ini sudah dilakukan pemeriksaan tapi belum selesai," kata Hamidah Abdurrahman, anggota Kompolnas.

Kepala Kepolisian Jenderal Timur Pradopo menyatakan pelanggaran hukum itu harus diproses. "Kita komitmen, pelanggaran hukum termasuk yang dilakukan oleh Labora Sitorus, sesuai ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Selengkapnya tonton

Soal temuan PPATK jumlah transaksi Rp1,5 triliun, Labora mengaku itu transaksi dari dua perusahaan milik keluarganya yang bergerak di bidang kayu dan migas. 

"Tapi, kalau misalnya ada Rp4 atau 5 miliar di beberapa rekening milik saya, itu betul-betul kesepakatan antara keluarga dan saya," tukasnya. Maksudnya, Labora mengaku ada sejumlah dana perusahaan keluarga yang masuk rekeningnya dalam rangka fungsi kontrol. 

Pengacara AZ Hutabarat membantah kliennya tidak kooperatif.  "Setiap klien kami diperiksa, dan kalau memang bisa, pasti hadir."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya