NASIONAL

VIDEO: Pemburu Emas Banjiri Gunung Manggar di Jember

Pemburu emas memenuhi Gunung Manggar. Ekosistem di sana pun terancam.

ddd
Senin, 20 Mei 2013, 15:25
Emas yang ditemukan di Gunung Manggar, Jember.
Emas yang ditemukan di Gunung Manggar, Jember. (ANTV)
VIVAnews – Ratusan penambang emas sejak awal Mei 2013 membanjiri Gunung Manggar di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyusul beredarnya kabar mengenai adanya kandungan emas yang melimpah di gunung tersebut.

Kawasan hutan di Gunung Manggar yang diserbu para pemburu emas itu adalah lahan milik Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) yang terlarang untuk dieskplorasi masyarakat umum. Namun, ratusan pemburu emas itu tak peduli dan tetap mendatangi Gunung Manggar untuk meraup emas.

Mereka meyakini ada banyak kandungan emas di antara bekas aliran air yang tadinya mengalir dari atas Gunung Manggar. Lihat video perburuan emas di Gunung Manggar di tautan video ini.

Ratusan pemburu emas itu mengumpulkan bongkahan-bongkahan tanah dan pasir dalam karung, untuk kemudian dibawa turun ke Desa Kesilir yang ada di bawah gunung itu. Di desa itu, para pemburu emas itu kemudian menyaring bongkahan tanah dan pasir tersebut.

Hasilnya, kabar mengenai kandungan emas di Gunung Manggar ternyata bukan isapan jempol semata. Sejumlah pemburu emas yang beruntung bisa mendapatkan butiran-butiran emas seukuran batu kerikil. Para pemburu emas yang datang ke Gunung Manggar berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Banyuwangi, Nganjuk, Jombang, bahkan ada yang dari Jawa Tengah.

Namun, bila demam emas di kawasan ini mewabah dan mengundang lebih banyak pemburu emas dari daerah lain, maka ekosistem di sekitar Gunung Manggar akan rusak, dan tanah di kawasan itu menjadi rentan longsor. Kandungan emas yang menyebabkan Gunung Manggar diserbu ratusan orang tiap harinya kini harus mendapat perhatian serius dari pemerintah.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
frogman
20/05/2013
biar longsor aja sekalian,,,,,,kubur semua tuh orang2 serakah....
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com