Transaksi di Rekening Aiptu LB Rp1,5 Triliun, Diusut Mabes

Sutarman
Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra
VIVAnews
Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya
- Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Sutarman, menyatakan polisi akan mengusut anggota Polda Papua yang memiliki transaksi keuangan hingga mencapai triliunan rupiah. Sutarman menegaskan kepolisian sudah menerima laporan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal transaksi itu.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel

"Laporan PPATK sudah diterima oleh Polri untuk kami tindak lanjuti," kata Sutarman usai menghadiri Rapat Kerja antara Bawaslu, Polri dan Kejaksaan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa 14 Mei 2013.
AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju


Sutarman menuturkan jika PPATK membuat analisa dan melaporkannya ke Polri tentu berdasarkan pada kecurigaan yang kuat. Namun apakah kecurigaan itu terbukti atau tidak, katanya, penyidik akan memprosesnya lebih jauh.


"Kami lakukan penyelidikan, apakah ada unsur-unsur pidananya atau tidak," ujarnya.


Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Tito Karnavian mengakui salah satu anggotanya memiliki transaksi keuangan hingga mencapai triliun rupiah dalam kurun 5 tahun. Informasi itu dia peroleh dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).


Kepada wartawan, Selasa 14 Mei 2013, Tito mengungkapkan inisial anggotanya itu adalah Aiptu LB. "Sebanyak Rp1,5 triliun itu sejak 2007 hingga 2012," kata Tito.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya