Polri Ringkus Mentor Pembuat Bom di Jawa Tengah

Densus 88 gerebek terduga teroris
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
- Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri berhasil meringkus dua pelaku terorisme di dua tempat berbeda di Jawa Tengah.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Keduanya mentor pembuatan bom. Mereka pernah dididik di Poso dan Filipina," kata Karopenmas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, di Gedung Divisi Humas Polri, Selasa 14 Mei 2013.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa


Boy mengatakan penangkapan pertama dilakukan di Purwokerto. Polisi mengamankan teroris atas nama Samidi. Penangkapan selanjutnya di Surakarta. Tim berhasil meringkus tersangka teroris atas nama Slamet.


Keduanya diduga menjadi bagian jaringan teror Badri Cs. Badri sendiri telah ditangkap pada September 2012 lalu. Kedua tersangka teroris Samidi dan Slamet merupakan orang dengan kemampuan khusus. Keduanya dikenal sebagai mentor untuk pembuatan bom berbahan nitrogliserin.


"Samidi alias Arifin termasuk pelatih dari kelompok teror Poso dan pembuat bom rakitan. Bom ini yang dijadikan peledak dalam banyak kejadian. Bom rakitan mereka mengandung zat khusus, ini ahlinya," ujarnya.


Polisi masih melakukan pendalaman dari penangkapan kedua teroris yang ditangkap ini. "Pemeriksaan terkait pelarian mereka selama ini, apakah yang bersangkutan ada kegiatan lain atau pernah bersama orang-orang lain. Kita masih lakukan penyidikan lebih lanjut terhadap dua orang ini," katanya.


Boy mengatakan perburuan terhadap keduanya sudah dilakukan sejak 2012. Densus melakukan pendalaman dan penyidikan semenjak membongkar jaringan Badri dan Thoriq pada September 2012 lalu. (sj)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya