Pimpinan KPK Siap Bantu Johan Budi Hadapi PKS

Jumpa Pers Operasi Tangkap Tangan KPK di Kab, Buol
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews -
Makna Lebaran Bagi Bos Persib Bandung
Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pembelaan terhadap Johan Budi, juru bicara KPK yang dilaporkan ke Mabes Polri atas perbuatan tidak menyenangkan. Johan Budi dipolisikan bersama dengan 9 penyidik KPK oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia

"Pimpinan akan
Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI
backup , walaupun Mas Johan tampak santai saja," kata Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas melalui pesan singkat kepada wartawan, Selasa 14 Mei 2013.


Busyro menilai, laporan PKS terhadap Johan Budi tidak relevan. Sebagai juru bicara, Johan hanya memenuhi hak media untuk memperoleh informasi. Lagipula, kata Busyro, apa yang disampaikan Johan bersifat standar. "Ini
kok
malah dikriminalisasi, oleh partai lagi," ujarnya.


Menurutnya, Johan selalu maksimal dalam menjalankan tugasnya sebagai juru bicara KPK. Bahkan dalam menyampaikan informasi kepada publik, Johan tidak menggunakan kalimat yang keras, apalagi kasar terhadap elit PKS.


Namun Busyro menganggap sikap PKS kepada Johan merupakan risiko jabatan, karena KPK sudah mengusut korupsi politik yang dilakukan elit partai.


"Ada yang terganggu gerakan ATM-isasi partai lewat pundi-pundi negara, yang seharusnya dijaga dengan penuh amanah dan kejujuran, dan menjauhi dusta-dusta politik yang merupakan 'dosa jariyah'," kata Busyro.


Di kantor Bareskrim Mabes Polri, tim pengacara PKS, Faudjan Muslim menegaskan, pernyataan Johan Budi yang dinilai telah menuduh PKS adalah saat menyebut PKS menghalangi eksekusi penyitaan Penyidik KPK.


Sekjen PKS, Taufik Ridlo mengatakan, semua yang dilakukan partainya adalah sebagai sebuah pembelajaran. "Tidak ada sentimen terhadap KPK sebagai institusi. Ini pembelajaran demokrasi untuk masyarakat," katanya.


Menanggapi laporan PKS itu, Johan Budi mempersilakan pihak PKS melaporkannya ke kepolisian. "Silahkan saja, itu hak semua orang. Saya siap sebagai warga negara yang taat hukum," katanya.


Dia menyerahkan kepada kepolisian untuk menilai, apakah dirinya dan para penyidik memenuhi unsur-unsur yang dituduhkan.


"Itu hak mereka. Tapi saya ulangi bahwa sejak awal disampaikan, KPK mengusut kasus LHI dan AF, tidak terkait dengan PKS," kata Johan. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya