PKS Laporkan Juru Bicara KPK ke Polisi

Juru bicara KPK Johan Budi SP
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera telah melaporkan 10 orang dari Komisi Pemberantasan Korupsi ke Bareskrim Mabes Polri atas tuduhan perbuatan tidak menyenangkan. Salah satu pejabat KPK yang digugat adalah juru bicara KPK, Johan Budi SP.

"Kami melaporkan Johan Budi, terkait pernyataannya. Pernyataan beliau telah menghina PKS. Gugatan ini bernomer surat  LP/390/V/2013/Bareskrim," kata pengacara PKS, Faudjan Muslim, Senin 13 Mei 2013.

Faudjan menegaskan, pernyataan Johan Budi yang dinilai telah menuduh PKS adalah saat menyebut PKS menghalangi eksekusi penyitaan Penyidik KPK.

Saat ditanya siapa para petinggi KPK yang lainnya yang digugat PKS, ia tidak menjawab. Baginya siapa pun itu, termasuk komisioner KPK, tidak kebal terhadap hukum. "Kami sedang siapkan gugatan lain pada pejabat KPK," katanya.

Sekjen PKS, Taufik Ridlo mengatakan, semua yang dilakukan partainya adalah sebagai sebuah pembelajaran. "Tidak ada sentimen terhadap KPK sebagai institusi. Ini pembelajaran Demokrasi untuk masyarakat," katanya.

Oleh Karena itu, dia dan instiusinya tidak melaporkan KPK secara kelembagaan. "PKS tidak bermasalah dengan KPK. PKS tidak berhadapan dengan KPK. Kami hanya melaporkan personal. Para penyidik KPK," katanya.

Taufik juga menyatakan, PKS tidak takut tercoreng oleh masyarakat mengenai kejadian ini. "Kami hanya ingin semua sesuai aturan.  Sekali lagi kami tidak menggugat KPK, tapi personal yang kami sebut oknum KPK. Ini pembelajaran bagi masyarakat," katanya.

Silakan Laporkan

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Menanggapi laporan PKS itu, Johan Budi mempersilakan pihak PKS melaporkannya ke kepolisian. "Silakan saja, itu hak semua orang. Saya siap sebagai warga negara yang taat hukum," katanya.

Dia menyerahkan kepada kepolisian untuk menilai, apakah dirinya dan para penyidik memenuhi unsur-unsur yang dituduhkan.

"Itu hak mereka. Tapi saya ulangi bahwa sejak awal disampaikan, KPK mengusut kasus LHI dan AF, tidak terkait dengan PKS," kata Johan. (ren)

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

OJK meminta masyarakat untuk tidak panik merespons meningkatnya tensi geopolitik antara Iran-Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024