Jembatan Ambruk, Lima Desa di Garut Terisolasi

Jembatan Ciogong di Garut ambruk
Sumber :
  • VIVAnews/Diki Hidayat
VIVAnews
Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan
- Jembatan Ciogong di Kampung Bojongkomo, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat ambruk pada Jumat, 10 Mei 2013. Jembatan sepanjang 15 meter dan lebar 6 meter ini tak mampu menahan beban truk yang melewatinya.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun hingga Senin, 13 Mei, akses menuju lima desa di Kecamatan Cibalong terputus.
Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya


Salah satu warga bernma Lukman menuturkan, warga di Desa Sagara, Desa Simpang, Mekarwangi, Najaten, dan Desa Marokok, sejak Jumat lalu tak bisa bepergian ke kota kecamatan Cibalong. Biasanya mereka bepergian membawa hasil bumi atau berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari.


"Kalau turun ke sungai khawatir karena di bawah jembatan itu sungai yang berhubungan langsung dengan laut, sehingga kondisi air sering naik," ujarnya.


Selain karena truk, ambruknya jembatan juga karena kondisi yang sudah lapuk. "Jembatan ini sudah puluhan tahun tak pernah diperbaiki, besi dan kayu penyangganya sudah lapuk," katanya.


Lukman berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan tersebut karena satu-satunya akses yang menghubungkan lima desa dengan ibu kota kecamatan. Selain untuk belanja dan memasarkan hasil bumi, jembatan ini juga kerap digunakan para pelajar. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya