"Coba-coba Jadi Joki SBMPTN, Pasti Ketahuan"

Ilustrasi/Peserta Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Sumber :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Panitia pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional mengaku sudah mengantisipasi kemungkinan adanya joki peserta tes.

"Kita sudah antisipasi sedemikian rupa. Mulai dari soal ujiannya, kemudian validasi jawaban," kata Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN 2013, Akhmaloka di Jakarta, Sabtu 11 Mei 2013.

Meski begitu, dia tidak bersedia membeberkan lebih detail caranya untuk mendeteksi keberadaan para joki. "Saya tidak bisa ceritakan secara mendetail, nanti saya dikira ngajarin joki," katanya.

Akhmaloka menyatakan jika memang nantinya terbukti memakai joki, maka yang orang terkait dengan joki itu tidak akan lulus. "Joki tersebut akan ditangkap. Dan apabila masuk ke ranah pidana, ya akan kita pidanakan," sambungnya.

Dia menghimbau agar para peserta SBMPTN tidak melakukan kecurangan dalam mengerjakan tes bersama itu. "Kalau ada joki akan ketauan, jangan coba-coba," kata dia mengingatkan.

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Para peserta SBMPTN bisa mulai mendaftar mulai 13 Mei 2013, melalu website. Adapun pendaftaran akan ditutup 7 Juni 2013, pukul 22.00 WIB.

Untuk pelaksanaannya ujian tertulisnya akan berlangsung pada 18-19 Juni 2013, sedangkan ujian keterampilannya dilaksanakan satu hari setelahnya, 20-21 Juni. Mengenai pengumuman hasil, nantinya akan diumumkan pada 2 Juli 2013 melalui website dan juga media cetak. (adi)

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!
VIVA Militer: Prajurit TNI di basis OPM Paro

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Mereka terluka dari melarikan diri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024