Polri: Dana Aksi Teroris Diperoleh dari Hasil Perampokan

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar.
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir
VIVAnews
PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi
- Dalam kurun 2 kali 24 jam aparat kepolisian melalui tim Detasemen Khusus 88 Anti Teror telah menangkap 20 terduga teroris di beberapa wilayah, mulai dari Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis 9 Mei 2013, menjelaskan bahwa para anggota teroris ini sudah sangat teroganisir dalam melakukan aksi. Dana aksi itu diperoleh dari hasil perampokan yang dikumpulkan.
THR El Rumi dari Irwan Mussry Bikin Netizen Ngiler


"
Fai
adalah upaya pengumpulan sejumlah uang dari setiap kejahatan yang dilakukan. Saat ini tercatat dalam data kami adalah perampokan," ujar Boy.


Beberapa perampokan yang tercatat, Boy melanjutkan, antara lain yang terjadi di BRI di Batang, Jawa Tengah, senilai Rp790 juta. Selain itu juga perampokan BRI di Grobokan kerugian senilai Rp630 juta dan BRI Lampung senilai Rp460 juta.


Boy menambahkan, dari hasil pemeriksaan, para pelaku teroris sempatĀ  melakukan upaya pembakaran pasar Glodok. "Tetapi gagal, pada waktu itu berhasil digagalkan masyarakat sebelum api membesar," kata Boy.


Adapun, upaya-upaya dalam pengumpulan dana untuk mendukung aksi teror, para teroris ini ditengarai terkait pelatihan seperti yang ada diĀ  Poso.


"Hingga saat ini kami sedang menelusuri catatan yang diduga kuat, sebagai pihak yang menerima aliran-aliran dana ini, akan kami ungkap terkait langsung dengan aktifitas di Poso," ucap Boy. (eh)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya