NASIONAL

Koleksi Mobil Mahal Eks Presiden PKS

Mulai dari mobil mewah buatan Jepang hingga Eropa.
Rabu, 8 Mei 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Mobil Luthfi Hasan Ishaaq disita KPK dari DPP PKS

VIVAnews - Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) menyita enam mobil mewah milik mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq. Dia tengah mendekam di penjara KPK karena berstatus tersangka kasus pidana korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi.

Sebelumnya, KPK telah menyita enam unit mobil mewah milik orang dekat Luthfi Hasan Ishaaq, yaitu Ahmad Fathanah, yang juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Enam mobil mewah yang disita KPK dari kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, adalah Toyota FJ Cruiser, VW Carravelle dengan nomor polisi B 948 RFS, Mazda CX9 dengan nomor polisi B 2 MDF, Toyota Fortuner dengan nomor B 544 RFS, Mitsubishi Pajero Sport dan Nissan Navara.

Mobil-mobil itu terbilang mewah dan mahal di masing-masing kelasnya, yaitu MPV (Multi Purpose Vehilce), SUV (Sport Utility Vehicle), pikap double kabin. Lalu apa saja kehebatan mobil-mobil tersebut?

FJ Cruiser

FJ Cruiser merupakan generasi terbaru dari SUV tangguh Land Cruiser lawas atau dikenal dengan nama Hardtop.

Mobil yang muncul pada ajang IIMS 2012 ini dibanderol sekitar Rp1 miliar. Toyota FJ Cruiser mengusung mesin 1GR-FE berkapasitas 4.0 liter dengan teknologi Double Variable Valve Timing-intelligent (D-VVT-i). Mesin itu dikawinkan dengan transmisi Super ECT, lima percepatan otomatis.

Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan mencapai 1 liter untuk 8,4 kilometer. Skema penggerak roda bisa langsung berubah ke sistem 4x4 tanpa harus berhenti terlebih dulu.

VW Carravelle

Mobil asal Jerman ini merupakan MPV premium sekelas Toyota Alphard. Tak cuma mewah, kabin Carravelle dikenal sangat lapang layaknya sebuah kantor mini untuk pemiliknya.

Tak cuma itu, konfigurasi kursinya dapat disejajarkan dari tengah hingga belakang, sehingga penumpang di tengahnya dapat merebahkan badannya dengan leluasa.

Penumpang bakal semakin nyaman dengan sistem hiburan kelas premium yang ditanamkan di dalam kabin. Carravelle dibekali mesin 2.0-liter Bi-Turbo TDI, dengan tenaga 180 hp, torsi 400 Nm, transmisi 7-speed DSG Dual Clutch Gearboks.

Meski bergaya boxy (kotak) bentuknya cukup ciamik dan mewah, lantaran mengadopsi lampu depan Xenon baru. Untuk bisa memboyongnya ke garasi rumah, Anda harus siap merogok kocek Rp1,098 miliar OTR Jakarta.

Mazda CX9

Serba wah, begitu kesan yang didapat dari mobil SUV asal Jepang ini. Desain eksteriornya sangat elegan, dengan grill depan luas, lampu depan serta belakang yang lebih tajam, dan bumper yang aerodinamis.

Tidak hanya itu, lampunya juga dilengkapi LED daytime running lamps (DRLs)--cahaya cincin halo yang melingkar pada lampu depan, dan lampu kabut dengan krom berlapis bezels. Sementara pada kaki-kaki, menggunakan roda alumunium berukuran 20 inchi.

Untuk interior, New Mazda CX-9 dilapisi warna hitam serta dekorasi panel new Bordeux metal, glossy, dan metalik agar menambah kesan premium.

Belum lagi ditembah sistem infotaiment, seperti perangkat audio-video, dan alat navigasi yang berdasarkan teknologi Human Machine Interface. Perangkat ini didukung tampilan layar sentuh 6,1 inci WVGA dengan backlighting LED, CD/DVD/MP3/WMA/AAC dan DivX.

Pengendara maupun penumpang juga dapat menikmati sistem audio yang menggabungkan konektor USB, radio, AM/FM, AUX jack dan konektor iPod. Pada bagian navigasi menggunakan fitur voice gudance, peta dengan resolusi tinggi, 3D landmark icons, dan juga peta kota dengan tampilan 3D.

Masalah dapur pacu, dilengkapi mesin MZI 3.7 L V6 DOHC 24 valves, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 277 Ps pada 6.250 rpm dengan torsi 367 Nm pada 4.250 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang juga dapat diubah menjadi manual. Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp799,7 juta On the Road Jakarta.

Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport merupakan kendaraan fenomenal yang dialiri oleh DNA Rally Paris Dakar sebagai rally tertangguh di dunia. Tidak cuma tangguh dan handal sebagai kendaraan SUV Diesel, Pajero Sport juga memiliki bentuk stylish dan menghadirkan prestise tinggi bagi para penggunanya.

Fitur yang dimiliki mobil ini di antaranya, pada bagian atas ada sunroof, power sound, tweeter dan paddle shift seperti pada sedan tertentu atau varian Dakar 4x4.

Dapur pacunya menganut mesin berkapasitas 2.5L dengan Intercooler Turbocharged DI-D Common Rail (4D56) serta Variable Geometry Turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 178 hp pada 4.000 rpm. Anda harus menyiapkan mahar sekitar Rp400 jutaan untuk bisa meminang Mitsubishi Pajero Sport.

Toyota Fortuner

SUV tujuh penumpang ini sekelas dengan Mitsubishi Pajero Sport. Generasi terbaru dari Fortuner cukup garang dan bongsor. Tak cuma mewah di dalam kabin, tenaganya juga besar sehingga bisa melahap medan sulit sekalipun.

Grand New Fortuner VN Turbo Intercooler mengusung mesin baru 2 KD-FTV VN turbo, yang menggantikan 2KD-FTV. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga hingga 144 ps pada 3.400 rpm dengan torsi 35,0 kgm pada 1.600-2.800 rpm.

Mengenai harga, mobil Grand New Fortuner VN Turbo Intercooler dengan transmisi manual dan otomatis ini naik 10 juta, dan TAM melepasnya dikisaran Rp387 juta hingga Rp421 juta.

Nissan Navara

Mobil double kabin ini tergolong mewah di kelasnya. Tampilannya sangat menawan karena dibekali aksesori Autech pada bumper depan, grill baru serta velg alloy 16 inchi.

Kemudian door mirror dengan new turning light design plus emblem 'Sport Version'. Pada bagian interior, pengemudi diberikan kemudahan audio steering switch.

Navara dipersenjatai mesin 2.5 liter dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 5-percepatan dengan harga Rp362,5 juta dan Rp374,5 juta OTR Jakarta. (ren)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found