NASIONAL

Kampanye Pemilu

Peserta Kampanye Dilarang Ugal-ugalan

Untuk mengamankan pemilu, polisi menyiapkan dua pertiga kekuatan yakni 246.034 personel.

ddd
Selasa, 17 Maret 2009, 02:33
 
  (Antara/ Rosa Panggabean)

VIVAnews - Meski musim kampanye 2009 resmi dimulai Senin 16 Maret 2009, para peserta kampanye baru bisa turun ke jalan Selasa ini. Juru Bicara Kepolisian, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira mengatakan polisi siap mengamankan lokasi kampanye, sekaligus rute-rute yang akan dilalui kampanye.

Polisi, tambah Abubakar, meminta para peserta kampanye tak mendominasi jalan raya. "Jangan semaunya sendiri karena ada pengguna jalanan lain, entah partai lain atau masyarakat yang tak ada hubungannya dengan kampanye," kata Abubakar di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Senin 16 Maret 2009.

Abubakar mengatakan polisi berharap pemilu 2009 berjalan tertib di setiap tahapan. Bentrokan juga bisa dihindari, asal, "para peserta kampanye jangan ugal-ugalan," tambah dia. 

Setiap hari, ada empat partai yang menggelar kampanye di tingkat pusat, propinsi, dan kabupaten atau kota. Kecuali di Bali, karena waktu kampanye hanya 14 hari, setiap harinya ada enam partai yang berkampanye.

Untuk mengamankan pemilu, polisi menyiapkan dua pertiga kekuatan yakni 246.034 personel. Polisi tak sendirian, selain bantuan 1.223. 273 personel perlindungan masyarakat dan personel TNI.

Kepolisian Republik Indonesia menggelar 'Operasi Mantap Brata 2009' untuk mengamankan jalannya Pemilu 2009. Sebelumnya, Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan pengamanan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup di sejumlah titik.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com