Apa Benar Fathanah Punya Utang Rp5 M ke Luthfi Hasan

Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq ditahan KPK
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A

VIVAnews - Pengacara Luthfi Hasan Ishaaq meminta semua pihak tidak langsung menyebut aliran dana dari Ahmad Fathanah ke rekening kliennya berkaitan dengan kejahatan. Bisa saja, kata dia, itu terkait utang piutang.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Adanya aliran dana dari Fathanah ke mantan Presiden PKS itu diendus Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

"Fathanah itu punya utang ke Luthfi, Rp5 miliar lebih," kata Zainuddin Paru saat dihubungi VIVAnews, Selasa 7 Mei 2013. Utang ini terkait bisnis bersama mereka. "Fathanah memenuhi kewajibannya membayar utang." 

Namun, Zainuddin mengaku, kepadanya Luthfi tidak pernah bercerita soal aliran dana yang ditemukan PPATK masuk ke rekeningnya sejak 2009 itu. Yang jelas, Fathanah dan Luthfi sudah berteman dekat sejak 2005. "Sejak itu, mereka bisa melakukan apa saja, termasuk bisnis," dia berkilah.

Diberitakan sebelumnya, PPATK telah mengirimkan temua data tentang puluhan transaksi mencurigakan milik Ahmad Fathanah, tersangka kasus pencucian uang pengurusan kuota impor daging sapi, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bagaimana kelanjutan penyelidikan atas transaksi itu, PPATK menyerahkannya ke KPK.

"KPK yang melakukan pembuktian itu," ujar Kepala PPATK, M. Yusuf, saat ditemui di kantornya, Selasa, 7 Mei 2013.

Dari puluhan transaksi itu, Yusuf menambahkan, sebagian besar mengalir ke rekening Luthfi Hasan. "Jumlahnya sekitar ratusan juta rupiah, terjadi sejak tahun 2009," katanya. (kd)

Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024