VIDEO: Kepsek Terjang Sungai, Susuri Hutan, Demi Ambil Soal UN

Samain, Kepala Sekolah yang terjang sungai demi soal UN.
Sumber :
  • ANTV

VIVAnews – Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Ungkapan itu tak berlebihan bila melihat perjuangan Samain (45 tahun), Kepala Sekolah SD Negeri Candirejo 2 di Semarang yang berangkat pagi buta menerjang sungai tak berjembatan dengan sepeda motornya, guna mengambil soal Ujian Nasional untuk murid-muridnya.

Tidak hanya berbasah-basah menerjang sungai, sang Kepsek juga harus menyusuri hutan jati milik Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) sejauh 22 kilometer untuk sampai ke sekolah tempatnya mengajar. Lihat perjuangan sang Kepala Sekolah .

Hari masih gelap ketika Samain tiba di kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, untuk mengambil soal Ujian Nasional SD.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Samain sudah 2,5 tahun menjadi Kepala Sekolah di SDN Candirejo 2. Setiap UN berlangsung, dia sengaja datang lebih awal untuk mengambil soal ujian di UPTD Pendidikan agar tak terlambat sampai sekolah.

Dengan beban naskah Ujian Nasional di tasnya, Samain harus ekstra hati-hati. Ceroboh sedikit saja, dia bisa terjatuh dan akibatnya bisa fatal bagi anak didiknya yang menanti soal ujian yang ia bawa. Perjuangan Samain membawa soal UN menjadi lebih berat karena jembatan di Sungai Jragung di Dusun Sapen yang terpencil, putus.

Putusnya jembatan itu menyebabkan akses jalan dari UPTD Pendidikan ke SDN Candirejo 2 terputus. Itulah yang menyebabkan Samain harus menerjang sungai dengan sepeda motornya. Hal ini harus dilakukan Samain selama tiga hari berturut-turut selama pelaksanaan Ujian Nasional SD.

Oleh sebab itu Samain berharap cuaca bersahabat dan tidak turun hujan selama tiga hari ini. Bila hujan turun, arus Sungai Jragung akan lebih deras bahkan meluap sehingga sungai itu tak bisa ia lewati. Bila sudah demikian, Samain terpaksa menggunakan jalur memutar ke wilayah Demak yang memerlukan waktu dua jam perjalanan.

Ilustrasi Gelombang Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan badai atau hujan yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 27 provinsi di Indonesia pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024