Terkait Ahmad Fathanah, KPK Sita Honda Jazz dari Vitalia Sesha

Vitalia Sesha
Sumber :
  • dok. Popular

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu unit mobil Honda Jazz putih bernomor polisi  B 15 VTA akrena diduga terkait dengan pencucian uang tersangka suap kuota impor daging, Ahmad Fathanah. Mobil ini dikuasai perempuan muda bernama  Vitalia Sesha.

"Vitalia Sesha ini mengaku mendapatkan mobil Honda Jazz dari Fathanah," jelas juru bicara KPK Johan Budi SP saat dihubungi VIVAnews, Senin 6 Mei 2013.

Saat dikonfirmasi apakah  Vitalia Sesha itu model majalah orang dewasa, Johan belum bisa memastikan. Namun yang pasti, imbuh Johan, KPK menyita kendaraan tersebut karena diduga terkait tindak pidana pencucian uang.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

KPK sudah memeriksa Vitalia dua kali sebagai saksi. "Dia mengaku, mobil itu diberikan oleh Ahmad Fathanah sebagai teman,” kata Johan.

Selain mobil, KPK juga menyita jam tangan mewah merk Chopard seharga Rp70 juta dari Vitalia. Menurut pengakuannya, barang itu juga pemberian dari rekan dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasaan Ishaaq tersebut.

"Menurut pengakuan yang bersangkutan, hubungannya dengan AF adalah teman. Jadi sama teman boleh memberi," kata Johan mencontohkan kesaksian Vita tersebut.

Johan menambahkan, penyitaan barang-barang itu dilakukan antara rentang waktu Kamis dan Jumat pekan lalu. "Tidak ada uang yang disita dari Vita, hanya dua barang itu saja," tambahnya.

Saat ini, Fathanah ditahan di Rutan KPK terkait dugaan suap kuota impor daging. Dia ditahan setelah ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan, akhir Januari lalu.

Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?

Saat ditangkap, Fathanah pun diketahui bersama seorang mahasiswi bernama Maharani Suciyono. 

Saat itu, Fathanah menerima uang Rp1 miliar dari dua petinggi perusahaan importir daging, PT Indoguna Utama. Sebagian uang itu bahkan dia berikan kepada Maharani. Namun, Maharani kemudian mengembalikannya ke KPK.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024