NASIONAL

Mendikbud Tak Setuju UN SD Dihapus

Kalau UN dihapus, M Nuh menanyakan mekanisme penggantinya apa.

ddd
Senin, 6 Mei 2013, 11:08
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh (ANTARA/Andika Wahyu)
VIVAnews - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh tidak setuju dengan wacana penghapusan Ujian Nasional tingkat sekolah dasar (SD). Jika UN SD dihapus, Nuh khawatir, anak-anak sekolah akan kehilangan satu fase di mana hasil belajarnya dievaluasi.

Menurut M Nuh, UN itu berguna untuk pemetaan kemampuan siswa di tiap daerah dan menentukan nilainya berapa. Lalu, UN juga bisa dijadilan tolok ukur untuk siswa tersebut meneruskan ke jenjang selanjutnya.

"Misalkan kalau UN SD dihapuskan, terus--yang pertama-- apa penggantinya? Yang penting itu dulu. Jangan kita hapuskan, ternyata tidak kita siapkan penggantinya," tegas M Nuh saat meninjau UN di SD Bhakti, Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin 6 Mei 2013. Menurutnya, UN bukan melulu soal lulus atau tidak lulus.

Saat ini Kemendikbud masih terus mengkaji kekurangan atau nilai lebih dari pelaksanaan UN. Dengan kurikulum 2013 yang baru, imbuhnya, akan ada pendekatan yang berbeda terhadap evaluasi UN SD itu.

"Pendekatannya berbeda, evaluasinya pun pasti akan berbeda. Oleh karena itu tentu akan ada Modifikasi-modifikasi. Tapi kurikulum 2013 kan baru dilakukan tahun ini. Dan itu juga dilakukan secara bertahap dan terbatas. Tapi itu bagian yang kita kaji," ucap M Nuh. (sj)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
kritikus_bijaksana
06/05/2013
Menurut M Nuh, UN itu berguna untuk pemetaan kemampuan siswa di tiap daerah dan menentukan nilainya berapa ( ini pak menteri apa kagak liat di medan siswa kena stroke akibat UN, di jawa barat ada siswa stres mau bunuh diri...TOLAK UN !!!!!!!!!!!
Balas   • Laporkan
nurmanse
06/05/2013
haduuh, ngerti pendidikan ngga sih, study banding aja sama malaysia
Balas   • Laporkan
blondot2012
06/05/2013
Ya..iyalah.. klo proyek dihapus artinya td ada fulus yang masuk, truss buat apa saya jadi menteri, bagaimana tanggung jawab saya pada partai yang mengusung saya, bisa dipecat saya sama ketua partai. Saya td takut sama presiden saya takutnya sama ketua
Balas   • Laporkan
kritikus_bijaksana | 06/05/2013 | Laporkan
UN untuk SMA aja semrawut, COPOT AJA M NUH dari MENDIKBUD.....ngak becus !!!! banyak siswa stres dan jadi gila gara2 UN, ntar RS JIWA jadi penuh !!!!!!!!!!!!


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id