NASIONAL

Bentrok di Musi Rawas, Warga Bakar Polsek Rupit

Warga juga membakar dua mobil patroli yang berada di depan Polsek.
Selasa, 30 April 2013
Oleh : Eko Priliawito
Aksi pembakaran Mapolres OKU Sumsel

VIVAnews - Ribuan warga di Kecamatan Musi Rawas, Sumatera Selatan, yang menuntut pemekaran daerah Kabupaten Muratara bentrok dengan polisi. Unjuk rasa digelar karena tidak dikabulkannya pengajuan pemekaran wilayah itu.

Massa yang menggelar aksi penutupan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di kawasan itu sejak Senin, 29 April 2013, dan menolak dibubarkan petugas meski sudah malam hari. Warga pun melakukan perlawanan.

Tak puas hanya membakar dua mobil patroli, mereka membakar bangunan Polsek Rupit, Musi Rawas, Sumsel. "Masa menolak kami bubarkan, mereka bertindak anarkis dan Polsek Rupit dibakar," Kapolres Musi Rawas, Ajun Komisaris Besar Barly Ramadhan kepada VIVAnews.

Aksi yang menutup Jalan Lintas Sumatera itu membuat macet total di jalur yang menghubungkan Palembang dan Bengkulu. Bahkan, lalu lintas nyaris terpaku tak bergerak akibat aksi ini. Aksi itu berlangusng hingga malam hari, dan membuat petugas melakukan pembubaran. Massa menolak membuka jalur yang diblokir itu, dan malah melempari petugas dengan batu.

Akibat bentrokan itu, 4 warga tewas, puluhan warga luka-luka, dan enam polisi terluka. Hingga saat ini situasi di Kecamatan Musi Rawas masih tegang. Pengamanan masih dilakukan tim gabungan Polisi dan TNI.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found