Mentan Suswono Benarkan Pertemuan Luthfi-Elizabeth di Kamar Hotel

Menteri Pertanian Suswono
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews – Menteri Pertanian Suswono tak membantah bertemu Direktur PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman, di kamar hotel mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq di Medan, 11 Januari 2013. Suswono mengatakan hal itu sudah ia jelaskan kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat dimintai keterangan beberapa waktu lalu.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

“Betul, ada pertemuan. Topik pertemuan itu membahas persoalan data potensi sapi lokal,” kata Suswono di gedung Sekretariat Kabinet, Jakarta, Senin 29 April 2013.

Menurutnya, saat itu ia tidak menyetujui data kuota daging sapi yang disodorkan Elizabeth. “Karena sudah ada hasil kajian IPB, saya bertahan dengan itu (hasil kajian IPB),” kata Suswono.

Suswono mengatakan semula ia meminta pertemuan dilakukan di hotel tempatnya menginap, yakni Hotel Santika. Namun kemudian Luthfi meminta pertemuan dilakukan di kamar hotelnya di Hotel Arya Duta, Medan.

“Pagi-pagi Pak Luthfi bilang sudah menyiapkan sarapan. Ya sudah, kunjungan kerja saya kebetulan ke arah Sdr. Luthfi menginap,” kata dia.

Dalam pertemuan itu, Suswono membantah ada lobi-lobi yang dilakukan PT Indoguna kepadanya. “Sama sekali tidak ada. Tidak ada deal apapun,” ujarnya.

Sebelumnya dalam dakwaan terhadap dua Direktur PT Indoguna, Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi, disebutkan bahwa pertemuan dilakukan di kamar nomor 9006 Hotel Arya Duta, Medan, yang tak lain adalah kamar Luthfi Hasan. Pertemuan antara Elizabeth dengan Suswono disebutkan difasilitasi Luthfi dengan imbalan permintaan biaya kampanye di Medan sebesar Rp300 juta. (kd)

Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024