Kemendikbud Jelaskan Alasan Pilih PT Ghalia Tangani UN

Pelajar Tuntut Penyelesaian Kisruh Ujian Nasional (UN)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Sejumlah anggota dewan mempertanyakan alasan Kementerian Pendidikan memilih PT Ghalia Printing sebagai pemenang tender dalam pembuatan soal Ujian Nasional 2013.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Hal ini dipertanyakan oleh anggota komisi X dari Fraksi Partai Golkar, Zulfadli dalam rapat dengar pendapat dengan Kemendikbud, Jumat 26 April 2013 malam.

Menurut Zulfadli, sebenarnya PT Ghalia telah mengajukan penawaran dengan harga tinggi. Padahal, banyak perusahaan percetakan yang melakukan penawaran lebih rendah.

"Jelaskan kenapa PT Ghalia ditetapkan, padahal penawarannya tinggi. Padahal banyak yang penawarannya lebih rendah," kata Zulfadli.

Selain itu, masalah lain, kata dia, adalah adanya dugaan salah satu pemenang tender itu tidak ada security printing. Sehingga keamanan kerahasiaan soal ujian dipertanyakan. "Ini jelaskan, supaya tidak ada penyimpangan-penyimpangan," kata dia.

Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Khairil Anwar Notodiputro membenarkan ada penawaran yang lebih murah. Tetapi, kata dia, kemungkinan penawar yang murah itu sudah tereliminasi saat penyeleksian. "Otomatis, PT Ghalia naik jadi pemenang," ujar dia.

Khairil mengatakan, kemungkinan lain perusahaan yang menawarkan lebih murah itu sudah menang tender di paket yang lain. (umi)

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024