Tiga Daerah Otonomi Baru Lagi Menyusul Disahkan

Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki
VIVAnews
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
- Pemerintah akan meresmikan 3 daerah otonomi baru lagi di Indonesia. Namun, di antara tiga ini, baru dua daerah yang telah siap untuk diresmikan. Tiga daerah ini menyusul 11 daerah yang sudah diresmikan dan memiliki pelaksana tugas kepala daerah masing-masing Senin kemarin.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

"Karena yang disetujui ada 14," kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Jakarta, Selasa 23 April 2013. "Kemarin ada satu di Mamuju yang belum karena proses pengusulannya yang belum selesai," ujar Gamawan. Dua daerah lagi Gamawan tidak hapal.
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya


Menurut Gamawan, ada tiga hal yang dilakukan pemerintah pusat untuk mendukung terwujudnya daerah otonomi tersebut. Pertama memfasilitasi dan membimbing dari sisi birokrasinya.


"Kedua, mewajibkan gubernur untuk membimbingnya. Ketiga transfer pegawai, aset, dan anggaran dari daerah induk. Itu diatur untuk diserahkan kepada daerah anaknya. Itu harus ada komitmen sebelum dulu proses pemekaran. Harus ada pernyataan transfer dana itu," kata Gamawan.


Sementara untuk Pemilu 2014, 11 daerah baru yang termasuk Provinsi Kalimantan Utara itu tidak menjadi daerah pemilihan terpisah. Dewan Perwakilan Rakyat Daerahnya nanti diisi menunggu hasil Pemilu 2014.


"Setelah legislatifnya duduk, dipisahkan antara induk dan anak ini. Yang induknya tinggal, yang anaknya dikirim ke anggota legislatif yang baru. Proses pemilihan kepala daerahnya 2015 dilakukan," kata Gamawan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya