Djoko Susilo Tertawa Lihat Berkas Perkaranya 1,2 Meter

Irjen Djoko Susilo mengenakan baju tahanan saat diperiksa KPK
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Tersangka kasus korupsi proyek pengadaan simulator SIM, Irjen Djoko Susilo, hari ini mulai disidang. Berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jakarta, sidang dimulai dengan agenda pembacaan dakwaan.

Kuasa hukum Djoko Susilo, Juniver Girsang, mengatakan timnya sudah mencermati berkas perkara kliennya tersebut. Berkas-berkasnya sangat tebal, melebihi satu meter.

"Hari ini kami sudah siap mendengarkan dakwaan. Berkas setebal 1,2 meter itu sudah dicermati dan semalam kami matangkan kembali," kata Juniver kepada VIVAnews, Selasa 23 April 2013.

Juniver menuturkan beberapa waktu jelang sidang perdana ini, tim kuasa hukum juga sudah berdiskusi dengan Djoko Susilo.

"Klien kami malah tertawa karena dalam berkas itu ada banyak hal yang tidak ada relevansinya, yang sebenarnya tidak ada lalu dikait-kaitkan," kata dia.

Menurut Juniver, dengan adanya berkas yang tebal itu, KPK hendak membentuk stigma bahwa kasus yang melibatkan kliennya ini begitu dahsyat.

"Tapi kan nanti diuji lagi di pengadilan. Nanti kita lihat sama-sama," tuturnya.
Djoko Susilo didakwa dengan dua perbuatan, yakni tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Empat Tersangka

KPK menetapkan empat tersangka dalam kasus proyek pengadaan simulator SIM di Korps Lalu Lintas Polri tahun anggaran 2011.

Mereka adalah mantan Kepala Korlantas Irjen Pol Djoko Susilo, mantan WakaKorlantas Polri Brigjen Pol Didik Purnomo, Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo S. Bambang, dan Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi, Budi Susanto.

Djoko dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan atau pasal 3 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto pasal 65 ayat 1 KUHPidana. Akibat perbuatannya negara mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp100 miliar. (ren)

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024