NASIONAL

Kasus Century, KPK Kirim Tim Periksa Sri Mulyani di AS

Penyidik KPK akan memeriksa Sri Mulyani secara intensif di Washington

ddd
Senin, 22 April 2013, 18:26
Mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani (VIVAnews/Tri Saputro)
VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korups (KPK) telah mengirimkan tim penyidik ke Amerika Serikat untuk memeriksa mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, terkait kasus korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) Bank Century. Sri Mulyani akan diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Budi Mulya.

"Kami sudah kirim tim sejumlah tiga orang ke Amerika Serikat, mereka sekarang sudah berangkat," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, hari ini di kantornya. 

Sri Mulyani, yang kini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, rencananya akan diperiksa di kantor Kedutaan Besar RI yang berada di Washington DC, Amerika Serikat. Johan menegaskan pemeriksaan terhadap Sri Mulyani akan berlangsung sekitar tiga hari. 

"Penyidik di sana sekitar tiga hari, mungkin sampai Kamis depan," ujarnya.

Meski begitu, Johan belum mengetahui materi yang akan dikonfirmasi kepada Sri Mulyani. Dia juga belum mengetahui lebih detil pihak-pihak lain yang akan diperiksa selain Sri Mulyani di negeri Paman Sam tersebut. 

"Nanti kami cek dulu apakah ada pihak-pihak lain yang akan diperiksa," tandasnya.

Sebelumnya KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap Sri Mulyani. Ketika itu, dia dimintai keterangan dalam kapasitasnya sebagai Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam proses penanganan kasus Bank Century. Sri Mulyani selaku Menkeu diduga turut bertanggungjawab terkait turunnya dana talangan ke Bank Century.

Dalam kasus Century, KPK telah menetapkan eks Gubernur Bank Indonesia (BI) Bidang Pengelolaan Moneter, Budi Mulya dan eks Deputi Gubernur BI Bidang Pengawasan, Siti sebagai orang yang dianggap bertanggungjawab atas turunnya dana talangan ke Bank Century.

Keduanya diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dalam pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) ke Bank Century pada 2008. Dan itu sangat terkait pada penetapan Bank Century sebagai bank gagal yang berdampak sistemik. (ren)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com