NASIONAL

Kemensos Sudah Minta Ayah Bocah yang Hidupi 3 Adik Pulang

Tasripin (13 tahun) harus bekerja keras untuk menghidupi tiga adiknya.

ddd
Jum'at, 19 April 2013, 15:39
Tasripin bersama 3 adiknya di hotel
Tasripin bersama 3 adiknya di hotel (Robbi (Cilacap-Banyumas))

VIVAnews - Tasripin, bocah 13 tahun harus bekerja keras untuk menghidupi tiga adiknya yang masih kecil sebagai buruh tani. 

Tasripin tinggal di sebuah rumah kecil berdinding kayu di Dusun Pesawahan, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah bersama tiga adiknya, Dandi (7), Riyanti (6) dan Daryo (4).

Ibunya sudah meninggal dunia setahun lalu. Sementara bapak dan kakak sulungnya sudah lama merantau di Kalimantan dan belum kembali.

Melihat kondisi memprihatinkan itu, Kementerian Sosial kini tengah mengupayakan untuk memulangkan ayah Tasripin yang bekerja sebagai pekerja di perkebunan kelapa sawit di Kalimantan.

"Kami telah meminta bapaknya untuk kembali. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat bapaknya sudah bisa pulang bertemu dengan Tasripin dan adik-adiknya," kata Direktur Kesejahteraan Sosial Anak Kementerian Sosial, Bambang Mulyadi saat berbincang dengan VIVAnews di kantornya, Jumat 19 April 2013.

Bambang menyampaikan, pihaknya telah mengidentifikasi kehidupan bocah yang hidup menderita bersama tiga adiknya tersebut. Kementerian Sosial juga sudah memberikan bantuan berupa sembako kepada empat anak malang itu. "Kini kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial serta para pejabat SKPD setempat," katanya.

Menurut Bambang, untuk mengayomi Tasripin dan tiga adiknya, kementeriannya perlu meminta persetujuan pada orangtua atau kerabatnya. "Karena bagaimanapun juga anak ini butuh haknya, berupa perlindungan dan kebutuhan dasar. Kalau orangtuanya setuju pasti anak-anak itu akan kami salurkan ke lembaga," kata dia.

Derita Tasripin sudah diketahui banyak masyarakat. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengungkapkan keprihatinannya. Lewat akun twitternya, @SBYudhoyono, Kamis siang, 18 April 2013, Presiden menyatakan prihatin terhadap kasus yang menimpa Tasripin.

SBY menulis, "Tasripin yang menjadi buruh tani untuk menghidupi ketiga adiknya sungguh menggores hati kita."

Ia pun mengatakan akan mengutus gubernur Jawa Tengah dan staf khususnya untuk membantu mengatasi persoalan hidup Tasripin.  (umi)

Baca juga:

Balada Bocah 13 Tahun Hidupi Tiga Adik Kecil di Banyumas

Sabun dan Shampo Jadi Barang Mewah Buat Tasripin

hotel-berbintang" target="_blank">VIDEO: Bocah Miskin yang Hidupi 3 Adik Nikmati Hotel Berbintang



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
audiotherapy
19/04/2013
MUNGKIN BANTUAN DARI PAK PRESIDEN BISA BUAT MODAL DAGANG AYAH TASPIRIN
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com