BNN Musnahkan 4,9 Kilogram Sabu-sabu

Pemusnahan Narkoba Jenis Shabu
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Shin Tae-yong Bicara Kekuatan Australia U-23
VIVAnews -
Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan narkoba sebanyak 4.926,6 gram. Sementara 1.141 gram sabu-sabu serta 0,4 gram heroin disisihkan untuk kepentingan laboratorium atau pembuktian perkara.
Terpopuler: Pendakwah yang Diduga Terlibat Kasus Korupsi sampai Chicco Jerikho Sakit Sepsis


Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya
Jumlah tersebut adalah hasil pengungkapan tiga kasus yang dilakukan oleh BNN. Dua di antaranya adalah penyelundupan narkoba yang berasal dari luar Indonesia.

"Mereka (pengedar) berpikir untuk bisa memasukan narkoba ke Indonesia. Indonesia pasar narkoba yang menguntungkan. Ada empat juta pengguna, di mana hanya 400 ribu yang rehabilitasi. Sisanya masih membutuhkan terus," ujar Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional, Sumirat Dwiyanto, Rabu 17 April 2013.


Kasus pertama adalah penyitaan paket kiriman Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 712,3 gram sabu. Kecurigaan petugas pada dua paket sabu asal Liberia, yang diimpor melalui Perusahaan Jasa Penitipan (PJT).


"Paket dikirim secara perorangan ke F.R. beralamat Mangga Dua, Tamansari, Jakbar. Pelaku hingga kini masih dalam DPO (daftar pencarian orang)," kata Sumirat.


Modusnya, dengan menyembunyikan di dalam gantungan jas/hanger, jas, serta celana. Sabu itu dimasukan di lubang jahitan hanger dan celah celananya. Kasus kedua adalah pengungkapan penyelundupan narkoba di Nunukan.


Enam orang pelaku sudah ditangkap dengan total sitaan 5.165,3 gram sabu. Saat ini BNN memburu pemasuk utama S.U dan A.S yang berada di Malaysia.Terakhir, BNN mengamankan 190 gram sabu pada 23 Maret 2013 di Ciledug.


"Digeledah dirumahnya diamankan delapan bungkus plastik berisi sabu 190 gram dan satu plastik berisi 0,4 gram heroin. Diakui berasal dari X melaui kurir Y, masih DPO," ujar Sumirat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya