NASIONAL

Bekas Lawan Jokowi Dilantik Jadi Wakil Walikota Solo

Ia dulu dikalahkan Jokowi dan FX Hadi Rudyatmo pada Pilkada 2005 lalu.

ddd
Rabu, 17 April 2013, 18:16
Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan wakilnya, Ahmad Purnomo.
Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan wakilnya, Ahmad Purnomo. (VIVAnews/Fajar Sodiq)
VIVAnews - Mantan pesaing Joko Widodo dalam Pilkada 2005, Ahmad Purnomo, hari ini dilantik menjadi Wakil Walikota (Wawali) Solo. Ia resmi mendampingi Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD Kota Solo pada 27 Februari 2013 lalu.

FX Hadi Rudyatmo merupakan pasangan Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo, yang berhasil mengalahkan Ahmad Purnomo pada Pilkada 2005 lalu.
 
Setelah ditinggal Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, jabatan Walikota Solo menjadi kosong. Wawali Surakarta saat itu, FX Hadi Rudyatmo secara otomatis langsung naik jabatan mengisi posisi Walikota Solo yang ditinggalkan Jokowi.
 
Ahmad Purnomo bukan nama baru di Solo. Mantan dosen di Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta itu juga merupakan seorang pengusaha yang cukup kondang di Solo. Ia ikut aktif dalam sejumlah kelompok organisasi sosial maupun organisasi masyrakat.
 
Pada Pilkada 2005, Ahmad Purnomo berpasangan dengan Istar Yulianto ikut mencalonkan diri sebagai pasangan Walikota dan wawali Solo melalui Partai Amant Nasional. Saat itu, pasangan tersebut dikalahkan oleh Jokowi - Rudy yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
 
Setelah terpilih menjadi Wakil Walikota pada rapat paripurna DPRD Kota Solo pada Februari lalu, kini DPRD Kota Solo menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan sisa masa jabatan tahun 2010 – 2015. Pelantikan Wakil Walikota Solo dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.
 
Sementara itu, dalam sambutannya usai melantik Ahmad Purnomo menjadi Wakil Walikota Solo, Bibit berpesan kepadanya supaya langsung segera bekerja, mengingat tenggat waktu yang tersisa dari pasangan walikota dan wakil walikota Solo hanya sampai tahun 2015 nanti.
 
"Waktu yang ada harus langsung berorientasi tugas. Jangan terlampau lama, biar walikotanya bisa istirahat. Tapi jangan sampai begitu, harusnya lebih kerja keras," canda dia, yang disambut dengan tawa oleh para hadirin yang memehuhi ruang sidang di DPRD Kota Solo.
 
Selanjutnya, Bibit juga memberikan penghargaan kepada walikota yang telah bekerja keras membangun Kota Solo. Adanya wakil wakilota diharapkan bisa membantu dalam menyejahterakan rakyat Solo. "Dengan kerja yang gigih dan keras, nanti akan membawa Solo semakin hari semakin tertata, baik, dan semakin menyejahterakan rakyat," ujar dia. (ren)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id