NASIONAL

Kapolri Timur Pradopo: Pengganti Saya Harus Bintang Tiga

Dia sudah mengajukan tiga nama yang memenuhi syarat ke SBY.
Rabu, 17 April 2013
Oleh : Dwifantya Aquina , R. Jihad Akbar
Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti tahun ini sebelum memasuki masa pensiun.
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengganti Kapolri Jenderal Timur Pradopo tahun ini, bersamaan dengan pergantian Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Terkait pergantian sebelum masa pensiun ini, Timur di Istana Negara, Rabu 17 April 2013 mengaku telah siap. Ia mengikuti arahan presiden yang ingin menjaga efektivitas penanganan keamanan, khususnya dalam persiapan penyelenggaraan pemilu 2014. 

"Pengamanan Pemilu 2014 tentunya harus disiapkan dengan baik," kata Timur.

Mengenai penggantinya nanti, Timur menyerahkan semua keputusan kepada Presiden SBY. "Nanti beliau yang menentukan," tuturnya.

Timur sudah mengajukan beberapa nama pengganti. Namun, ia menolak menyebutkan detailnya. Yang jelas, kata dia, penggantinya itu harus berpangkat minimal bintang 3, atau Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol).

"Pengganti saya harus bintang 3, kemudian (masa) tugasnya selama ini tidak boleh kurang dari 1 tahun. Semua bintang 3 memenuhi syarat," ujar dia.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, membantah pergantian ini terkait kasus penyerangan Lapas Cebongan di Sleman, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

"Jangan misunderstanding. Jangan dikaitkan dengan hal-hal lain, tidak ada kaitan dengan kasus Cebongan atau yang lain," kata Julian, Rabu 10 April 2013.

Julian menjelaskan, pergantian ini dilakukan Presiden atas pertimbangan yang matang. Salah satu pertimbangannya yakni terkait persiapan penyelenggaraan pemilu 2014. Menurutnya, presiden ingin menjaga efektifitas penanganan keamanan, khususnya dalam persiapan penyelenggaraan pemilu 2014. 

Jenderal (Pol) Timur Pradopo mulai menjabat Kepala Polri pada 22 Oktober 2010. Dia menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri. Pria kelahiran 10 Januari 1956 itu sedianya akan memasuki masa pensiun pada Januari 2014. Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti pada Agustus atau September 2013 nanti. (umi)

Baca juga:




TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found