VIDEO: Alasan Adnan Buyung Mau Jadi Pengacara Anas

Temu KPK Dengan Tim Pencari Fakta : Adnan Buyung Nasution
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVAnews - Tersangka kasus gratifikasi Hambalang, Anas Urbaningrum, menunjuk Adnan Buyung Nasution and Partners sebagai tim pengacaranya. Anas menganggap Buyung paling pas untuk menangani kasusnya.
39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Tim pembela Anas nantinya terdiri dari 15 anggota yang diketuai langsung oleh Adnan Buyung. Ia berharap proses hukumnya dapat berjalan adil.
Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

“Fokus saya adalah menemukan para pengacara yang bisa membantu saya menemukan keadilan, bukan untuk membela Anas. Membela Anas itu isu minor. Isu mayornya adalah menegakkan keadilan,” kata Anas di kantor Adnan Buyung Nasution and Partners, Jakarta, Rabu 17 April 2013.

Anas mengatakan, Adnan Buyung bukan orang baru baginya. Ia bersama dengan Adnan Buyung pernah tergabung dalam tim 11 pada awal reformasi. 

Menurut mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini, proses hukum di Indonesia sering kali tak lepas dari dinamika nonhukum seperti politik dan kekuasaan. Ia dan tim pengacaranya sadar betul soal ini. Mereka juga berharap publik bisa membaca relasi antara proses hukum dan nonhukum itu.

Sementara itu, Adnan Buyung mengatakan merasa terpanggil untuk membela Anas. “Saya condong mencari orang yang tertindas dan teraniaya. Saya lihat Anas dihukum oleh opini publik. Maka saya ingin membelanya. Tapi, seperti yang dikatakan Anas, saya tidak hanya membela dia, tapi juga untuk menegakkan keadilan,” kata mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.

Menurut Adnan, seorang pembela harus jeli melihat segala faktor. "Saya berkomitmen menegakkan hukum, tak peduli terkait siapa,” katanya.

Ia meminta Anas untuk berpendirian teguh dalam menjalani proses hukumnya. “Saya dulu lepaskan (berhenti jadi pengacara) Gayus Tambunan, karena dia tidak teguh pendirian. Maka, saya sekarang minta Anas bersikap jujur,” ujar dia. (eh)

Baca juga:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya