Demo APEC, 3 Aktivis Ditangkap Polisi

Demo menolak APEC di Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVAnews - Polisi menangkap tiga anggota Gerakan Rakyat Tolak APEC (Gertac), Rabu 17 April 2013. Sebelum ditangkap, ketiga aktivis berdemo di depan Hotel JW Marriott, Surabaya, Jawa Timur.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Seperti diberitakan, Hotel JW Marriott merupakan tempat pertemuan Asia Pasifik (APEC) digelar.

"Mereka adalah rekan kami dari LMND bernama Noval, Joko Susanto dan Slamet Susanto dari FNPBI," kata juru bicara Gertac, Moelyadi, Rabu 18 April 2013.

Tidak hanya itu, sepanduk, poster dan selebaran keperluan demo juga dirampas petugas. "Ini bentuk pembungkaman demokrasi," lanjut Moelyadi.

Puluhan massa dari Gertac menggelar aksi di depan hotel untuk menentang pelaksanaan APEC di Surabaya. Moelyadi, mengatakan, pelaksanaan APEC di Hotel JW Marriot tidak ada manfaat.

Ia mengaku akan terus menolak APEC karena dia menilai APEC adalah bentuk pengkhianatan terhadap bangsa dan negara atas liberalisasi Ekonomi yang sama sekali tidak berpihak pada rakyat. Juga mengingkari konstitusi dan UUD 1945 serta dasar negara Pancasila.

"Namun, di tengah aksi berjalan, kawan kami Dari LMND Naufal Qushai, Ketua Eksekutif Kota LMND Surabaya dan Joko Susanto serta Slamet Susanto dari FNPBI ditangkap, mereka dibawa ke Polrestabes," jelas Moelyadi.

Mahasiswa semester VII itu juga mengatakan, sebelumnya juga diancam oleh aparat kepolisian dalam bentuk SMS untuk tidak melakukan aksi penolakan terhadap APEC. (sj)

KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Identitas para korban kebakaran telah diketahui.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024