Puncak Hari Pusaka Dunia 2013 Digelar di Trowulan

Trowulan
Sumber :

VIVAnews - Sejak tahun 1983, melalui ICOMOS dan UNESCO, dunia menyepakati  bahwa tanggal 18 April diperingati sebagai Hari Pusaka Dunia atau Word Heritage Day. Sejak saat itu Hari Pusaka Dunia dirayakan secara simultan di setiap belahan dunia.

Memperingati dua dekade gerakan pelestarian pusaka itu, pemerintah mencanangkan 2013 sebagai Tahun Pusaka Indonesia. Dan puncak tahun pusaka itu digelar tanggal 18 April 2013. Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI), I Gede Ardika dalam keterangan pers, Selasa 16 April 2013.

"Bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan Pusaka Indonesia, BPPI akan menyelenggarakan puncak peringatan Hari Pusaka Dunia di Trowulan – Mojokerto, Jawa Timur pada tanggal 17-18 April," I Gede Ardika.

BPPI, katanya, sengaja memilih situs Majapahit di Trowulan sebagai tempat memperingati Hari Pusaka Dunia. "Dengan harapan dapat menjadi tonggak apresiasi dan perhatian terhadap berbagai upaya pelestarian situs Majapahit di Trowulan dan mendorong pengelolaan bersama antara semua pihak pemangku kepentingan."

Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Hashim Djojohadikusumo, menuturkan bahwa kesadaran masyarakat untuk menjadikan peradaban sebagai sumber nilai demi kemakmuran dan kesejahteraan bersama, perlu ditingkatkan. Dalam konteks itu, BPPI sebagai penyelenggara Hari Pusaka Dunia 2013, mengambil tema 'Pusaka Untuk Kesejahteraan Rakyat'.

Kegiatan peringatan Hari Pusaka Dunia akan dilaksanakan serentak melalui berbagai kreativitas pencinta pelestari di berbagai daerah di Indonesia.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Menurut Hashim, yang juga menjabat Wakil Ketua III BPPI, lebih dari 30 acara akan digelar pada 18 April 2013. Mulai dari kegiatan diskusi, jelajah pusaka, sampai ke kegiatan anak muda berupa tarian spontan (flash mob).

"Kesempatan ini harus dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kepedulian kita bersama tentang keragaman pusaka serta mendorong terus tindakan aksi yang dibutuhkan untuk melindungi dan melestarikannya," kata Hashim.

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024