NASIONAL

Deretan Prestasi Kopassus, Pasukan Militer Elit RI

Kopassus dinobatkan sebagai pasukan elit terbaik ketiga di dunia.

ddd
Rabu, 17 April 2013, 06:06
Kopassus.
Kopassus. (REUTERS/Beawiharta)

VIVAnews – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) baru saja memperingati ulang tahunnya yang ke-61, Selasa 16 April 2013. Di tengah noktah yang tertoreh akibat penyerangan ke Lembaga Pemasyarakatan Cebongan oleh 11 oknum Kopassus, tak sedikit yang memberikan dukungan pada korps baret merah itu.

“Sebagai salah satu pilar bangsa dan negara, rakyat Indonesia patut bangga memiliki salah satu pasukan elit militer terpandang di dunia. Kopassus lahir dari rakyat dan bagian dari rakyat. Oleh karena itu Kopassus milik seluruh rakyat Indonesia,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Fadli Zon mengatakan, Kopassus merupakan salah satu garda terdepan penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kopassus mencatatkan pengabdian dalam menjaga keutuhan NKRI sejak berdirinya, termasuk dalam mengatasi pemberontakan dan kemelut bangsa,” ujarnya.

Berikut deretan prestasi Kopassus seperti dipaparkan oleh Fadli Zon:

1.    Membebaskan para peneliti Ekspedisi Lorentz ’95 yang disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Mapenduma, Papua, tahun 1996. Operasi ini dipimpin oleh Komandan Jenderal Kopassus Prabowo Subianto. Sayangnya 2 dari 11 sandera telah ditemukan tewas.

2.    Membebaskan penumpang pesawat Garuda Indonesia yang disandera lima orang teroris “Komando Jihad” pada tahun 1981. Pembajakan pesawat Garuda ini dikenal dengan Peristiwa Woyla. Dalam penerbangan rute Jakarta-Palembang-Medan itu, lima teroris menyamar sebagai penumpang. Pembajakan pesawat ini berlangsung selama empat hari di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand, dan berakhir dengan serbuan Grup 1 Kopassus yang dipimpin Letnan Kolonel Infantri Sintong Panjaitan. Pilot pesawat Kapten Herman Rante dan salah satu anggota Kopassus, tewas dalam baku tembak pembebasan sandera.

3.    Kopassus berhasil menjejakkan kaki di puncak tertinggi Everest pada tahun 1997. Indonesia pun menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menginjak puncak tertinggi Everest. Untuk pertama kalinya juga, bendera Merah Putih berkibar di puncak Everest, gunung tertinggi di dunia yang berlokasi di kawasan Himalaya.

4.    Kopassus dinobatkan Discovery Channel Military sebagai pasukan elit terbaik ketiga di dunia setelah Special Air Service (SAS) Inggris dan Mossad Israel pada tahun 2008.

5.    Kopassus dinobatkan menjadi pasukan terbaik kedua di dunia dalam hal keberhasilan operasi intelijen dalam pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment, and Assault di Wina, Austria. Kopassus hanya kalah dari Delta Force AS.

“Ini menunjukkan Kopassus benar-benar pasukan elit yang diakui dunia. Tugas kita semualah sebagai rakyat Indonesia untuk terus mendukung dan menjaga Kopassus sebagai pasukan elit Indonesia yang memiliki tugas menjaga kesatuan NKRI,” kata Fadli Zon.

Menurutnya, kekurangan selalu ada dan hal itu dapat diperbaiki. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-61 pada Kopassus. SBY meminta Kopassus terus menjaga profesionalismenya dalam berbakti kepada negara. “Teruslah menjadi satuan elit kebanggaan bangsa,” kata SBY melalui akun twitter-nya. (umi)

Baca juga:

Danjen: Yang Ingin Hancurkan Kopassus, Salah Alamat

HUT Kopassus di Solo: 1 Prajurit Lebih Berharga dari 1.000 Preman

Kopassus Terkejut Terima Dukungan Masyarakat

Prabowo: Soal Cebongan, Kopassus Satu Suara

Danjen Kopassus: Jangan Hancurkan dan Sudutkan Kami



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
taufam
17/04/2013
pencitraan... hahahahahahahaha...
Balas   • Laporkan
cincau | 17/04/2013 | Laporkan
bukan pencitraan, emang lagi HUT, mangkannya di bahas prestasinya, dasar taufam begok luh cebok dulu sana,
ardianto.benny
17/04/2013
hidup kopasus!!!!
Balas   • Laporkan
juhri.harahap
17/04/2013
baret merah....saya sangat setuju atas tindakan dan kesigapannya untuk membela bangsa dan negara ini,terlebih pula membela sesama kesatuan.(TNI)mengingat hukum yg berlaku di negara ini hanya berlaku untuk maling pisang. hidup baret merah.......
Balas   • Laporkan
peyapata
17/04/2013
KOPASSUS tetap yang terbaik di negeri ini!!!
Balas   • Laporkan
dulkamid
17/04/2013
Kopassus tambah melambung namanya (arti sebenarnya). Banyak yang memuji dan menyanjung Kopassus menyikat preman. Peluang untuk politisi nempel nama harum Kopassus. Pak Fadli, bagaimana dgn herkules kader partaimu? Kontradiktif? Baahh.. Watak politisi!!
Balas   • Laporkan
cincau | 17/04/2013 | Laporkan
@ dulkamid, sesama bus dilarang saling mendahului
co2ncos1to | 17/04/2013 | Laporkan
kalo herkules ngaku2 keluarga loo.. gw enak nomongnya.. "yahh.. lo ternyata sama2 preman.. Kontradiktif??"
prama1
17/04/2013
Bravo Kopassus!!Basmi terus preman-preman di Indonesia. Fadli zon ke laut aja lo
Balas   • Laporkan
cep.opik
17/04/2013
saya berikan apresiasi kpada institusi KOPASUS dengan keberanian nya telah menumpas gembong preman jogja.karna tidk ad yg berani tegas thdp preman termasuk instirusi POLRI, karna saya adah korban kedholiman preman yg berkedok LSM
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id