MPR: Kualitas Perencanaan Ujian Nasional Buruk

Ujian Nasional 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengkritik penundaan Ujian Nasional di 11 provinsi bagian tengah Indonesia karena keterlambatan pencetakan soal UN oleh PT Ghalia Printing, salah satu pemenang tender lelang pencetakan Ujian Nasional 2012/2013.

“Ini menunjukkan kualitas perencanaan yang sangat buruk. Padahal Ujian Nasional kan periodik,” kata Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari kepada VIVAnews, Senin 15 April 2013. Ia menilai tahun ini persiapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak bagus.

Penundaan Ujian Nasional di beberapa provinsi di Indonesia baru pertama kali ini terjadi. Oleh sebab itu MPR mendukung pembentukan tim investigasi Kemendikbud untuk menyelidiki keterlambatan di PT Ghalia, dan bagaimana proses tender untuk menentukan perusahaan pencetak soal UN.

“Padahal pencetakan dan penggandaan dilakukan oleh beberapa percetakan. Tapi kenapa bisa begitu fatal,” kata Hajriyanto.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, dari enam percetakan pemenang tender, lima percetakan bisa menyelesaikan target. Hanya satu percetakan untuk wilayah Bali dan Sulawesi, PT Ghalia, yang tak bisa menyelesaikan sesuai jadwal.

“Kami akan siapkan tim investigasi untuk melihat letak kesalahan mereka sehingga tidak bisa memenuhi tenggat waktu yang disepakati. Yang pasti PT Ghalia di-black list,” kata Nuh. Akibat keterlambatan pencetakan ini, Ujian Nasional di 11 provinsi diundur ke hari Kamis, 18 April 2013.

Sebelas provinsi yang pelaksaan ujiannya diundur adalah Sulawesi Selatan, Bali, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.

PT Ghalia sendiri mengakui pihaknya tak mampu memenuhi target waktu menyelesaikan pencetakan soal UN. Perusahaan beralasan telat mencetak karena order soal dari Kemendikbud yang mepet.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

"Seharusnya 60 hari sebelum UN itu sudah diorder, tapi tahun ini 25 hari sebelum UN soal baru dikirim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," kata Disampaikan divisi legal PT Ghalia Indonesia Printing, Kamil Zaki kepada wartawan saat ditemui di pabriknya yang terletak di jalan Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin 15 April 2013. (umi)

Ilustrasi lokasi kejadian.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Anggota TNI Prada Lukman dikeroyok sejumlah orang di Pasar Cikini, Rabu kemarin. Rekan Prada Lukman diduga membalas aksi itu dengan cari komplotan pelaku.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024