UN di Bekasi, Lembar Soal dan Lembar Jawaban Berbeda

Ujian Nasional 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pelaksanaan ujian nasional di sejumlah sekolah di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengalami hambatan karena lembar jawaban dan lembar naskah soal berbeda.

Masalah itu ditemukan Komisi D DPRD Kota Bekasi Jawa Barat,
komisi yang membidangi masalah pendidikan, saat melakukan pemantauan ke sejumlah sekolah SMK di Kota Bekasi.

"Kami memantau beberapa SMK di UN hari pertama ini. Lembar soal Bahasa Indonesia, namun di lembar jawaban sesuai kodenya adalah Bahasa Inggris," kata Ketua Komisi D DPRD Kota Bekasi, Sardi Effendi, Senin, 15 April 2013.

Masalah tersebut, lanjut dia, ditemukan di SMK Negeri 1, SMK Negeri 2 dan SMK Bina Mandiri Kota Bekasi. Tidak menutup kemungkinan,  kata Sardi,masalah itu juga terjadi di SMK lain.

"Sampai saat ini, masalah itu baru kita temukan di SMK. Kalau di SMA belum ada laporan," sambungnya.

Winter AESPA Jalani Operasi Pneumothorax Bagaimana Kondisinya?

Penjelasan Dinas Pendidikan Kota Bekasi

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dedi Junaedi, mengatakan, untuk sekolah yang mengalami masalah itu, akan diminta mengisi jawaban pada lembar naskah soal yang disediakan.

Hari Libur Lebaran, Wisata Ancol Capai Puluhan Ribu Pengunjung

"Solusinya, jawaban ditulis di lembar soal," katanya.

Meski ada permasalahan tersebut, namun Dinas Pendidikan Kota Bekasi, menyatakan bahwa pelaksanaan UN di hari pertama berjalan lancar. Masalah perbedaan itu hanya terjadi di SMKN 1, SMKN 2 dan SMK Bina Mandiri.

"Tidak ada keluhan, termasuk sekolah yang mengalami masalah tersebut," katanya.

UN hari pertama ini, siswa dari SMK, SMA dan MA hanya mengikuti ujian satu mata pelajaran, Bahasa Indonesia. Dimulai sejak pukul 07.30 sampai 09.30 WIB.

Siswa yang mengikuti UN di Kota Bekasi, tercatat 28.034 siswa. Rinciannya, 15.373 siswa dari SMK baik negeri ataupun swasta. 11.577 siswa SMA negeri dan swasta, serta 1.084 siswa MA negeri dan swasta.

Hari Selasa besok, dijadwal siswa akan mengikuti ujian dua mata pelajaran. Untuk SMA jurusan IPA yakni Fisika dan Bahasa Inggris, SMA IPS yakni Ekonomi dan Bahasa Inggris, SMK yakni Bahasa Inggris dan Matematika, MA yakni Tafsir dan Bahasa Inggris.

Luxeed S7

Duel Xiaomi dan Huawei Memanas di Ranah Mobil Listrik

Persaingan antara raksasa teknologi China, Huawei dan Xiaomi, di pasar smartphone kini merambah ke ranah mobil listrik. Kedua perusahaan ini gencar meluncurkan produk dan

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024