FOTO: Hari Pertama Pelaksanaan Ujian Nasional di Jakarta

Ujian Nasional 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia hari ini, Senin 15 April 2013. Namun, semua sekolah di 11 provinsi terpaksa menunda UN akibat keterlambatan soal ujian. 
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Sebanyak 2,1 juta siswa jenjang SMA di 22 provinsi menjalani UN 2013 dari total sekitar 3,2 juta siswa. Sisanya, 1,1 juta siswa yang berdomisili di 11 provinsi di Indonesia Tengah mengalami penundaan ujian akibat keterlambatan naskah soal UN.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Terkait penundaan jadwal UN di wilayah Indonesia bagian tengah ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh akan memberikan sanksi kepada PT Ghalia Printing Indonesia yang tak tepat waktu dalam menyelesaikan pencetakan soal ujian nasional (UN) di 11 provinsi. Ke depan, perusahaan percetakaan itu tidak akan diikutsertakan dalam proyek Kemendikbud. 

"Yang jelas percetakan itu akan di-blacklist. Nanti tidak akan ikut setiap pekerjaan yang ada di Kemendikbud dan dilihat derajat kesalahannya," kata Nuh saat meninjau UN di SMA Negeri 3 Jakarta.

Tetapi, kata Nuh, penjatuhan sanksi akan dilaksanakan setelah hasil investigasi selesai. Saat ini, Kemendikbud masih sibuk dengan kegiatan ujian nasional selama empat hari ke depan. 

"Dari investigasi nanti kan ketahuan setiap kesalahannya seperti apa. Dari situ kami bisa beri sanksi," ucapnya

Sementara itu, sekolah di 11 provinsi terpaksa menunda UN karena soal belum terkirim. Ke-11 provinsi itu adalah Sulawesi Selatan, Bali, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah. (eh)

Baca juga:









Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya