Dua Pelajar di Yogya Ikuti UN di Lapas Cebongan

Lapas Cebongan Sleman Dijaga Ketat
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVAnews
Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan
- Dua pelajar SMA di Yogyakarta terpaksa mengikuti ujian nasional (UN) di Lapas Kelas II B Sleman atau yang dikenal Lapas Cebongan.

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Dua pelajar itu berinisial YP dan WG. YP adalah salah satu pelajar SMA dari wilayah Kota Yogyakarta. Dia merupakan narapidana dalam kasus pencurian yang harus menjalani hukuman selama 10 bulan.
Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana


Sedangkan WG merupakan tahanan titipan PN Sleman. WG terkena kasus pencurian dengan pemberatan. Saat ini, WG masih menjalani persidangan di PN Sleman.


Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Sleman (Lapas Cebongan), Wisnu Saputro mengatakan, dua pelajar yang akan mengikuti UN 15-18 April di Lapas Cebongan itu YP dan WG.


"Mereka akan mengikuti ujian di Lapas Cebongan mulai tanggal 15 hingga 19 April mendatang," katanya, Minggu 14 April 2013.


Menurut Wisnu, Lapas Sleman sudah berkoordinasi dengan sekolah asal. Lapas juga akan memberi kesempatan keduanya mengikuti UN, serta kesempatan belajar untuk persiapan UN.


Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Arief Haryono mengatakan pelajar yang menjalani UN di Lapas Cebongan, bukan pelajar sekolah di Sleman. "Penyelenggaraannya di fasilitasi Dinas Pendidikan sekolah asal," katanya.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY Baskara Aji mengatakan sebanyak 46.587 siswa tingkat SMA di wilayah DIY akan mengikuti Ujian Nasional.


"Siswa yang mengikuti UN ini terdiri atas 19.899 siswa SMA/MA, 24.666 siswa tingkat SMK, 24 siswa SMA Luar Biasa (SMALB) dan 1.991 siswa Paket C serta 7 siswa Paket Kejuruan (CK). UN tahun ini digelar di 203 sekolah SMA/MA dan 201 sekolah SMK di DIY," ujarnya.


Dia menambahkan, potensi kebocoran soal UN di wilayah DIY sangat kecil. Pasalnya, UN tahun ini terdapat 20 jenis soal. Setiap ruang ujian berisi 20 siswa di mana masing-masing memperoleh soal UN yang berbeda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya