CVR Kotak Hitam Lion Air Belum Ditemukan

Lion Air yang tercebur ke Laut Bali.
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana
VIVAnews
Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra
- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), hingga saat ini belum berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) kotak hitam pesawat Lion Air. Untuk memudahkan pencarian, pihaknya sudah melibatkan penyelam profesional, Tim SAR, TNI dan unsur lainnya.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

"Kesulitan kita adalah karena bagian ekor pesawat kecemplung ke dalam laut," kata anggota KNKT Masruri saat memberikan keterangan resmi di Kantor Emergency Operation Center (EOC) Bandara Ngurah Rai, Minggu 14 April 2013.
2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis


Menurut dia, bila upaya pencarian yang melibatkan tim penyelam tak membuahkan hasil, maka satu-satunya cara adalah dengan menarik bangkai pesawat ke pinggir pantai.


Saat ini seluruh bahan bakar yang berada di dalam tanki pesawat sudah dikeluarkan semua. "Kebetulan tankinya ada di bagian sayap maka tidak mudah pecah dan akhirnya bisa diantisipasi," ujarnya.


Petugas, lanjut dia, sudah menyiapkan sekitar 100 drum untuk menampung bahan bakar agar tidak mencemari lingkungan. "Kami sudah pastikan kalau saat ini bangkai pesawat sudah dalam posisi aman untuk dievakuasi," kata Masruri.


Namun, petugas menghendaki agar penarikan bangkai pesawat dilakukan pada saat air laut pasang, sehingga mengurangi risiko kerusakan terumbu karang yang berada di sekitar pantai Bandara Ngurah Rai.


Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bhakti menambahkan, jika tim sudah menemukan CVR, maka akan segera dibawa ke Jakarta. "Kalau bisa hari ini juga kita temukan, segera akan dilakukan pemeriksaan. Termasuk kita sedang upayakan untuk mengevakuasi pesawat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya