NASIONAL

CVR Kotak Hitam Lion Air Belum Ditemukan

Padahal sudah melibatkan penyelam profesional, TIM SAR, dan TNI.

ddd
Minggu, 14 April 2013, 16:42
Lion Air yang tercebur ke Laut Bali
Lion Air yang tercebur ke Laut Bali (ANTARA/Nyoman Budhiana)
VIVAnews - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), hingga saat ini belum berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) kotak hitam pesawat Lion Air. Untuk memudahkan pencarian, pihaknya sudah melibatkan penyelam profesional, Tim SAR, TNI dan unsur lainnya.

"Kesulitan kita adalah karena bagian ekor pesawat kecemplung ke dalam laut," kata anggota KNKT Masruri saat memberikan keterangan resmi di Kantor Emergency Operation Center (EOC) Bandara Ngurah Rai, Minggu 14 April 2013.

Menurut dia, bila upaya pencarian yang melibatkan tim penyelam tak membuahkan hasil, maka satu-satunya cara adalah dengan menarik bangkai pesawat ke pinggir pantai.

Saat ini seluruh bahan bakar yang berada di dalam tanki pesawat sudah dikeluarkan semua. "Kebetulan tankinya ada di bagian sayap maka tidak mudah pecah dan akhirnya bisa diantisipasi," ujarnya.

Petugas, lanjut dia, sudah menyiapkan sekitar 100 drum untuk menampung bahan bakar agar tidak mencemari lingkungan. "Kami sudah pastikan kalau saat ini bangkai pesawat sudah dalam posisi aman untuk dievakuasi," kata Masruri.

Namun, petugas menghendaki agar penarikan bangkai pesawat dilakukan pada saat air laut pasang, sehingga mengurangi risiko kerusakan terumbu karang yang berada di sekitar pantai Bandara Ngurah Rai.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bhakti menambahkan, jika tim sudah menemukan CVR, maka akan segera dibawa ke Jakarta. "Kalau bisa hari ini juga kita temukan, segera akan dilakukan pemeriksaan. Termasuk kita sedang upayakan untuk mengevakuasi pesawat," katanya.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
budjas
14/04/2013
Aneh juga padahal Pesawat jatuh tidak hancur atau terbakar, Cockpit Voice Recorder (CVR) kotak hitam pesawat Lion Air belum bisa diketemukan, lagian pesawat jatuh, bukan di tempat lautan dalam hanya puluhan meter dari tepi pantai .... Aneh ????
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru