Gunung Lokon Meletus Lagi, Tinggi Abu Letusan 4 Kilometer

Letusan Gunung Lokon Senin (25/3/2013).
Sumber :
  • ANTARA/Fiqman Sunandar
VIVAnews
Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII
- Setelah menyemburkan abu vulkanik pada pertengahan Maret lalu, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara kembali meletus, Minggu, 14 April 2013 pukul 09.00 WITA.

Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil

Disampaikan Ketua Pos Pemantau Gunung Lokon, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Farid Bina, saat Lokon menggeliat terdengar dentuman keras. Getaran bahkan dirasakan hingga 5 kilometer atau di sekitar pos pemantau.
Salat Tarawih Terlama di Ponpes Magetan, Dimulai Setelah Isya Selesai Waktu Sahur


"Mengeluarkan asap abu kelabu tebal, ketinggian asap capai 4 kilometer," kata Farid.


Hingga siang ini, Gunung Lokon dengan ketinggian 1.580 meter itu masih dalam status waspada pada level III.


Rekomendasi PVMBG kepada pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kota Tomohon, adalah meminta agar warga tidak melakukan aktivitas apa pun pada zona larangan yang ditetapkan.


"Radius 2,5 kilometer dari pusat kegiatan Gunung Lokon, yakni Kawah Tompaluan, warga dilarang beraktivitas," ujar Farid.


Meski adanya letusan gunung di kota itu, pantauan VIVAnews hingga siang ini, warga kota Tomohon masih beraktivitas dengan normal.


Warga yang berdomisili di sekitar Gunung Lokon di antaranya masyarakat Desa Kaskasen, telah menganggap fenomena itu sudah biasa, meski harus merasakan debu yang berasal dari gunung tersebut. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya