SBY Ganti Kapolri untuk Antisipasi Keamanan Pemilu?

Rakor Lintas Sektoral PAM Natal 2012 & Tahun Baru 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana mengganti Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo tahun ini.
Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Jika Panglima TNI diganti karena memasuki masa pensiun September 2013, untuk Kapolri, menurut SBY, diperlukan figur baru yang cakap dan bisa menjalankan tugas. Tidak hanya mengamankan Pemilu 2014, tapi juga mengatasi berbagai gangguan keamanan.
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, membantah pergantian ini terkait kasus penyerangan Lapas Cebongan di Sleman, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Jangan misunderstanding. Jangan dikaitkan dengan hal-hal lain, tidak ada kaitan dengan kasus Cebongan atau yang lain," kata Julian, Rabu 10 April 2013.

Julian menjelaskan, pergantian ini dilakukan Presiden atas pertimbangan yang matang. Salah satu pertimbangannya yakni terkait persiapan penyelenggaraan pemilu 2014.

"Presiden ingin menjaga efektifitas penanganan keamanan, khususnya dalam persiapan penyelenggaraan pemilu 2014. Tentunya akan lebih baik bila itu dipersiapkan lebih awal. Artinya, setahun untuk persiapan bagi pejabat baru untuk bisa lebih memastikan penyelenggaraan pemilu aman, lancar, dan tertib," ungkapnya.

Julian membantah pergantian Kapolri lebih dini ini terkait banyaknya peristiwa kerusuhan di Indonesia selama Timur Pradopo menjabat. "Selama ini kan semua bisa diatasi dengan baik oleh kepolisian, meskipun ada hal-hal yang terus muncul, namun tetap ditangani dengan baik," ujar dia.

Jenderal (Pol) Timur Pradopo mulai menjabat Kepala Polri pada 22 Oktober 2010. Dia menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri. Pria kelahiran 10 Januari 1956 itu sedianya akan memasuki masa pensiun pada Januari 2014. Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti pada Agustus atau September 2013 nanti.

Hal tersebut diungkapkan SBY dalam wawancara dengan Majalah Tempo seperti dikutip di situs www.setkab.go.id.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya