Sudah Memasuki Bulan April, Mengapa Hujan Masih Lebat

Banjir Kiriman Menggenangi Kampung Pulo
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sudah April, tapi hujan lebat dan banjir masih melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Ini bukan karena perubahan cuaca, atau musim hujan tahun ini kian lama. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menjelaskan bahwa  hujan lebat di bulan April itu memang lazim terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. 

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Kepala BMKG Sriworo B Harijoni mengatakan bahwa saat ini di beberapa daerah masih dilanda musim hujan. Hanya 32 persen saja wilayah Indonesia yang sudah memasuki masa kemarau. Pada bulan Mei nanti sekitar 64 persen masuk musim kemarau dan Juli nanti seluruh Indonesia dikurung kemarau.

"Jadi bukan suatu kelainan kalau masih terjadi hujan," kata Sriworo saat jumpa pers di gedung BMKG, Jakarta, Selasa 9 April 2013.

Sriworo menegaskan bahwa saat ini hujan lebat masih terjadi di beberapa wilayah di antaranya Aceh, Jambi, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Timur "Cuaca pada April pekan pertama ini masih sangat fluktuatif. Di beberapa daerah hujan berpotensi menyebabkan banjir," ujarnya.

Faktor alam yang menentukan cuaca, lanjutnya, adalah gelombang El Nino dan La Nina di Samudera Pasifik. Untuk Jakarta sendiri daerah yang curah hujannya masih cukup tinggi adalah Tanjung Priok dan Kemayoran

Sriworo menjelaskaan bahwa intensitas hujan di Tanjung Proiok, Jakarta Utara, hingga April ini masih cukup tinggi dengan persentase 46/3 milimeter. Artinya jika diambil dari data 1985-2012 rata-rata  intensitas curah hujanya 46 milimeter dan saat ini masih 3 milimeter. Berbeda dengan daerah Kemayoran, Jakarta Pusat intesitas hujan di daerah itu perbandingannya 153/13 milimeter.

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024