Lukas Enembe Resmi Dilantik Jadi Gubernur Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe
Sumber :
  • VIVAnews/ Banjir Ambarita

VIVAnews - Pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal, secara resmi dilantik Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua periode 2013-2018. Pelantikan dilangsungkan di Stadion Mandala Jayapura, Selasa, 9 April 2013, dan dihadiri ribuan warga Papua.

"Selama 3,5 tahun saya menjabat Menteri, baru kali ini pelantikan digelar di stadion megah dan besar, biasanya di ruang tertutup," ujar Gamawan Fauzi.

Lanjut Mendagri, pelantikan gubernur dan wakil gubernur ini juga mendapat apresiasi dan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Papua. Di sepanjang jalan, sambutan masyarakat  terhadap gubernur yang baru ini sangat luar biasa. Sesuai dengan hasil perolehan kedua pasangan yang mencapai 52 persen.

"Jika masyarakat gembira maka selanjutnya tugas gubernur dan wakil gubernur untuk menggembirakan masyarakat, jika hari ini masyarakat melayani, maka selanjutnya tugas gubernur dan wakil gubernur untuk melayani masyarakat," kata Gamawan lagi.

Gamawan optimistis, pasangan gubernur dan wakil gubernur Papua ini mampu membawa Papua ke arah yang lebih sejahtera.  Lukas Enemba dan Klemen Tinal, bukan lagi milik sekelompok orang atau golongan. Tapi sudah menjadi milik seluruh rakyat Papua.

"Jadi tugas kedua pasangan ini untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Papua. Dan momentum ini harus bisa dijadikan sebagai kebangkitan Papua," kata Menteri.

Dengan dilantiknya gubernur dan wakil gubernur Papua yang definitif, Gamawan berharap semua komponen harus bersatu untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat di Papua.

"Mari semua elemen menyatukan visi mensejahterakan rakyat di Tanah Papua," ucapnya.

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Mantan Gubernur Sumbar itu juga mengungkapkan, kucuran dana ke Papua setiap tahun terus bertambah. "Dana otsus yang masuk Papua sekitar Rp38 triliun tentu dengan anggaran yang besar itu, bisa membawa perubahan di Papua untuk jauh lebih maju mengalahkan Jakarta, seperti sepakbola Papua yang mampu menumbangkan tim-tim lain di Indonesia," terangnya.

Ia juga berharap kerja sama kepala daerah tingkat II dengan Kepala Daerah tingkat I harus terus ditingkatkan guna mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Sementara Lukas Enembe dalam pidatonya pasca dilantiknya menyatakan siap membawa Papua ke arah kebangkitan dan kemandirian serta masyarakat yang sejahtera.

"Ini adalah kemenangan rakyat Papua, dan kepercayaan yang diberikan adalah berkat Tuhan yang harus diemban demi memakmurkan rakyat Papua," katanya.

Jika sebelumnya saya adalah milik warga Puncak Jaya dan Klemen Tinal milik warga Mimika, Enemebe menyampaikan bahwa dirinya sekarang ini milik seluruh warga Papua. "Mulai hari ini kami berdua milik rakyat Papua," katanya.

Lukas Enembe melanjutkan, prioritas pembangunan selama kepemimpinannya adalah mengentaskan kemiskinan, kebodohan, ketertinggalan, keterisolasian dan ketidakadilan.

"Papua Bangkit yang mandiri serta rakyat sejahtera hanya terwujud bila kami mampu mengentaskan persoalan tersebut," terangnya.

Hadir dalam pelantikan gubernur dan wakil gubernur Papua, Menpora Roy Suryo, Menteri Lingkungan Hidup Bert Kambuaya dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono.

Pesan Ibas

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, menyampaikan dukungannya agar gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal yang baru dilantik dapat melibatkan masyarakat dalam membangun tanah Papua.

"Saya mendukung seluruh masyarakat Papua untuk bersama-sama Bapak Lukas Enembe dan wakilnya mengawal pembangunan dan program-program pemerintah pusat dapat terimplementasi secara merata di tanah Papua," kata Ibas saat menghadiri upacara pelantikan gubernur dan wakil gubernur Papua.

Ibas juga mendukung upaya memaksimalkan pemanfaatan sumber daya lokal daerah untuk masyarakat Papua. Program pembangunan berbasis sumber daya masyarakat lokal Papua harus terus ditingkatkan.

Ibas berharap, dengan adanya pemimpin yang baru, pembangunan di tanah Papua bisa terus berkelanjutan, masyarakat juga dapat maksimal terlibat dan berpartisipasi dalam pembangunan. 

"Beliau adalah kader Demokrat yang amanah.  Saya optimistis, di bawah kepemimpinan beliau, pembangunan di tanah Papua akan semakin maju. (umi)

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
Areum mantan member T-ara

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

Kabar baik datang, Areum eks T-ARA dikabarkan telah sadar kembali setelah kejadian yang menghebohkan publik dan melakukan percobaan bunuh diri beberapa hari lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024