NASIONAL

VIDEO: Ibu Kandung Tega Paksa Anaknya Jadi Pengemis

Jika membawa hasil mengemis kurang dari Rp50 ribu, korban dicambuk.
Selasa, 9 April 2013
Oleh : Dwifantya Aquina
Seorang ibu tega mempekerjakan anak kandungnya sebagai pengemis jalanan.
VIVAnews - Seorang ibu tega mempekerjakan anak kandungnya sendiri, AS, yang baru berusia 9 tahun menjadi pengemis jalanan. Akibat perbuatannya ini, JM, 50 tahun, ditangkap jajaran petugas Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Penangkapan tersangka JM bermula dari laporan warga yang prihatin karena kerap melihat perlakuan sang ibu memaksa anak bungsunya, AS, berkeliling ke jalanan dan taman kota sebagai peminta-minta. 

Ironisnya jika AS menolak atau pulang tak membawa hasil tak sampai Rp50 ribu, tersangka pun kerap mencambuk korban dengan menggunakan kayu rotan. Sedangkan saat AS mengemis, tersangka JM berperan mengawasi korban dari jauh dan setiap jam AS menyetorkan uang hasil mengemis kepada tersangka.


"Kami mendapat laporan dari warga bahwa korban dieksploitasi oleh ibunya sendiri, lalu pada akhirnya kami tangkap tersangka dengan anaknya," ujar Kanit PPA Polres Balikpapa, IPDA Weni Wahyuningsih.

Berdasarkan pemeriksaan polisi, terungkap bahwa tersangka kerap meminta korban untuk bekerja setiap hari tanpa ada libur. Akibat perbuatannya tersangka JM dijerat dengan UU Perlindungan Anak Pasal 88 tentang Eksploitasi Anak di Bawah Umur. Tersangka JM pun terancam maksimal kurungan 10 tahun penjara dengan denda Rp200 juta. (sj)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found