Bom Menggelegar di Lanud Halim Perdanakusuma

Pesawat Tempur Sukhoi SU-30 MK 2 milik TNI AU
Sumber :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang
VIVAnews - Ledakan terdengar menggelegar dari Landasan Udara, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Bom buatan milik TNI Angkatan Udara meledak di depan ratusan prajurit dan pejabat negara yang hadir dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-67 TNI AU.
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Bom buatan tersebut memang sengaja diledakkan untuk mendukung atraksi yang dilakukan detasemen Bravo 90 Unit khusus anti-teror Paskhas TNI-AU, satuan elite TNI Angkatan Udara. Mereka menunjukan aksinya dalam memberantas teror yang mengancam kedaulatan NKRI.
Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Pantauan VIVAnews, Selasa 9 April 2013, suara ledakan kurang lebih 10 kali itu sempat membuat para tamu terdiam karena kaget. Para anggota TNI Den Bravo yang menggunakan seragam serba hitam dan tertutup terlihat lincah dan terlatih saat menembak jarak dekat secara bersamaan dan berhadapan serta Halang Rintang (HR).
Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

Sebanyak 2.163 personel disiapkan untuk memeriahkan HUT TNI AU Ke-67 yang bertema 'Dengan Profesionalisme dan Dedikasi yang Tinggi, TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan Negara di Udara Demi Keutuhan NKRI'.

Acara kemudian dilanjutkan.  menampilkan dua tim aerobatik kebanggaannya yaitu 'Jupiter Aerobatic Team' (JAT) dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto dan 'Team Dynamic Pegasus' Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Jawa Barat.

Tim Aerobatik Jupiter  menggunakan pesawat KT-1 Wong Bee buatan Korea yang diawaki oleh para Instruktur Penerbang menggunakan tujuh pesawat.

Tim Aerobatik Jupiter melakukan tarian udaranya dengan beberupa manuver diantaranya Jupiter Roll, LoopXClover Leap, Mirror, Tango to dan Jupiter Roll back. Hi 'G' TurnRoll Slide dan Break Off.

Sementara Tim Dynamic Pegasus (TDP) menggunakan tujuh pesawat helikopter EC-120 Colibri dengan manuver yang akan ditampilkan antara lain Pegasus cross, Head On, Water Fall, Pegasus Love Tactical, Huming Bird Kiss dan Sparkling.

JAT yang beberapa kali tampil di hadapan masyarakat Indonesia di antaranya HUT TNI AU ke-66, HUT TNI, Yogyakarta Air Show, Makassar, Palembang dan Bandung Air Show, serta tampil dalam event Internasional seperti. perayaan 100 tahun penerbangan Thailand, di Bangkok tahun 2012.

Selain penampilan kedua tim aerobatic tersebut, langit Jakarta dihiasi oleh 200 peterjun 'free fall' Paskhas yang berkualifikasi Para Lanjut Tempur (PLT) yang diterjunkan menggunakan tiga pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan beberapa peterjun akan menampilkan pendaratan pada perahu Landing Craft Rubber (LCR). Tiga dari 200 penjerjun diantaranya perempuan yakni Serka Endang Trilibata ER, Sertu Indri Susiani, dan Sertu Natalia.

Pada penampilan kali ini, pesawat tempur milik TNI AU seperti F-16 dan Sukhoi tidak ditampilkan karena difokuskan dalam latihan gabungan yang akan digelar pada Mei 2013.

"Sejumlah alutsista tidak dapat ditampilkan dalam memeriahkan HUT TNI AU kali ini karena difokuskan untuk latihan gabungan," kata KSAU
Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya