Kapolda DIY Baru Yakin Bisa Amankan Yogyakarta

Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan
VIVAnews - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Brigadir Jenderal (Pol), Haka Astana, mengatakan dirinya yakin mampu mengemban amanah dalam memimpin tugas pengamanan di Yogyakarta.
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Keyakinan Haka begitu besar karena Yogyakarta bukan daerah asing baginya. Ia telah mengenal daerah tersebut sejak ia masih kecil.
Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

"Saya katakan saya kecil di sana, besar di sana. Saya paham," kata Haka usai serah terima jabatan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Senin 8 April 2013.
Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Menurut Haka, dia akan mengambil kebijakan berbasis budaya dan mendekati masyarakat Yogyakarta dengan cara yang santun. Oleh karena itu, dia tidak akan menggunakan cara-cara yang bersifat represif.

"Karena Sultan pesan menggunakan pendekatan budaya, coba dengan budaya mudah-mudahan bisa tercapai (keamanan Yogya)," ujarnya.

Meskipun demikian, Haka tetap akan mempelajari peta dan kondisi terakhir Yogya terlebih dahulu. Sebab, enam tahun lalu dia sudah meninggalkan kota tersebut.

"Sehingga bisa melangkah. Kalau tidak melihat petanya melangkah nanti meraba-raba. Kita tunggu petanya dulu, kan kawan-kawan sudah tulis itu," kata dia.

Sebelumnya, dalam acara serah terima jabatan di Mabes Polri tadi pagi, Kapolri Jenderal Timur Pradopo berpesan kepada Haka sebagai Kapolda DIY yang baru untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Dia menjelaskan bahwa DIY merupakan daerah khusus dan masyarakatnya memiliki budaya tinggi.

"Maka wujudkan kembali rasa aman masyarakat dan bangkitkan kembali kepercayaan masyarakat," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya