"Danjen Kopassus Tanggung Jawab Secara Moril, Bukan Pidana"

Danjen Kopassus, Agus Soetomo Siap Bertanggung Jawab
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Anggota Komisi I DPR TNI TB Hasanuddin mengatakan, sikap Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo yang siap bertanggung jawab atas ulah anak buahnya adalah sikap seorang pemimpin. Namun, tanggung jawab ini jangan diartikan menanggung kesalahan anak buah di hadapan hukum.

Hasanuddin mengatakan, dalam kemiliteran komandan memiliki tanggung jawab untuk mendisiplinkan anak buahnya agar mengikuti aturan hukum. Namun, jika anak buahnya terlibat dalam tindak pidana, komandan hanya bertanggung jawab secara moral.

"Komandan bertanggung jawab moral dan disiplin terhadap kesalahan anak buah. Tapi kalau tanggung jawab hukum tetap ada pada pelaku. Kecuali komandan yang memerintahkannya," kata pensiunan perwira TNI ini kepada VIVAnews, Sabtu 6 April 2013.

Agus Sutomo bertanggung jawab terhadap bawahannya yang berada di Grup 1 di Serang, Banten; Grup 2 di Solo; Grup 3 Pusdik di Batujajar, Grup 4 Sandhi Yudha di Cijantung. Sebanyak 11 pelaku pembunuhan empat napi di lapas Cebongan adalah prajurit Grup Dua, Kandang Menjangan, Kartosuro, Jawa Tengah.

Atas kelakuan anak buahnya, Sutomo mengatakan akan bertanggungjawab. "11 orang itu anak buah saya. Kopassus itu kan ada komandannya, nah komandannya itu Jenderal Kopassus, ya sayalah orangnya," ujar Agus di Markas Kopassus Cijantung, kemarin.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Keterlibatan personel Kopassus ini diungkapkan Tim Investigasi TNI AD untuk kasus peyerangan Lapas Cebongan, Brigjen (CPM) Unggul K Yudhoyono. Penyerangan, kata Unggul, didasari jiwa korsa, reaksi seketika atas tewasnya Serka Heru Santoso akibat dikeroyok empat anggota kelompok preman di Hugo's Cafe. (umi)

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

OJK meminta masyarakat untuk tidak panik merespons meningkatnya tensi geopolitik antara Iran-Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024